Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Japan Open 2022] Ahsan/Hendra Melaju
31 Agustus 2022
[Japan Open 2022] Ahsan/Hendra Melaju
 
 

Sudah empat pasang ganda putra Indonesia yang bisa melewati hadangan babak pertama pada kejuaraan Japan Open 2022. Kemarin (30/8), Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon sudah mengemas kemenangan di babak pertama. Hari ini (31/8), tambah dua pasang ganda putra lagi yang mengikuti lolos ke babak kedua. Usai Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin memetik kemenangan, menyusul pasangan senior Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan sukses mengawal rekan-rekannya.

Bekal pengalaman menang sebanyak dua kali dari pertemuan sebelumya yang diraih Ahsan/Hendra dari pasangan Korea, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dimanfaatkan dengan baik. Modal inilah yang mereka manfaatkan untuk mengalahkan ganda Korea, Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae dengan skor 21-15, 22-20. Ahsan/Hendra sebenarnya mengawali game pertama dengan tertinggal jauh 9-15. Sadar akan besarnya tenaga yang dimiliki lawan, pasangan yang mendapat julukan “The Daddies” merubah bentuk permainan dengan banyak menurunkan bola. Dengan taktik inilah Ahsan/Hendra langsung menang 21-15 hanya dalam satu kali service di tangan.

Mendekati penghujung game kedua malah Ahsan/Hendra terkejar dan lawan bisa menyamakan kedudukan menjadi 20-20. Beruntung Ahsan/Hendra bisa kembali fokus pada permainannya hingga menang tanpa harus menjalani rubber game.

Tadi di awal game pertama kita tertinggal lumayan jauh, kita terlalu banyak angkat bola jadi mereka banyak mendapat serangan. Setelah itu kita coba dengan banyak adu bola depannya, ambil dari servis dan blok servisnya juga,” tutur Hendra kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

“Di game kedua setelah unggul kita mainnya malah jadi agak ragu, akhirnya mereka bisa mepet. Setelah itu, kita coba fokus lagi jangan sampai melakukan kesalahan sendiri,” tambahnya.

“Kunci kemenangan hari ini kita harus berani menurunkan bola terlebih dahulu ya, kalau banyak mengangkat mereka enak. Tekanannya kencang,” sambung Ahsan.

Mereka menang di tenaga dan power jadi kita harus pegang bola depannya dulu. Karena lapangan di sini kan berangin jadi lebih enak kalau kita menyerang. Mereka juga takut-takut kalau harus bertahan terus,” lanjutnya

Ahsan/Hendra masih menunggu lawan  di babak kedua antara ganda China, Liang Wei Keng/Wang Chang atau ganda Taiwan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan.

Menanggapi pertandingan besok (1/9) pada babak kedua, Hendra akan berusaha menjaga fokus selama pertandingan.

“Pastinya kita lebih banyak istirahat, makan yang bagus. Agak sulit memang menjaga fokus Karena kemarin sudah fokus banget di Kejuaraan Dunia tapi kita coba sebisa mungkin,” pungkasnya.