Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Sunrise India Open 2023] Fajar/Alfian Buka Peluang
21 Januari 2023
[Yonex Sunrise India Open 2023] Fajar/Alfian Buka Peluang
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto semakin membuka peluang pada kejuaraan bulutangkis Yonex Sunrise India Open 2023. Pasangan ganda putra nomor satu dunia asal Indonesia ini sudah mencapai babak semifinal usai membukukan kemenangan di babak perempat final hari ini (20/1).

Dalam waktu kurang lebih sepekan, Fajar/Rian kembali harus bertemu dengan pasangan dari Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel. Bedanya, pada kejuaraan Malaysia Open 2023, Fajar/Rian harus berjuang selama tiga game, sementara di India Open 2023 pasangan Indonesia yang hadir sebagai unggulan kedua bisa menang lebih cepat 21-13, 21-13.

Baik Fajar maupun Rian mengaku mendapat pelajaran saat bertanding di Malaysia. Dan ini yang dimanfaatkan oleh mereka.

Alhamdulillah bisa menang. Kami bisa menang karena berbekal sudah mempelajari kekuatan dan kelemahan lawan. Karena di Malaysia Open lalu, kami nyaris kalah,” ujar Fajar kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Namun di sini saya juga tidak menyangka akan menang lebih mudah melawan mereka. Maklum di pertemuan terakhir di Malaysia Open juga tidak mudah,” sambung Fajar

“Kami sudah mempelajari permainan lawan. Di Malaysia Open lalu, kami juga bertanding dengan tidak mudah dan menang rubber game dan bahkan di game pertama cuma diberi angka di bawah sepuluh,” ucap Rian menambahkan.

“Kami dari awal sudah menyiapkan strategi untuk mengalahkannya. Yaitu servis yang bervariasi. Mulai servis pendek, lob kanan dan kiri. Kami juga banyak main no lob,” tutur Fajar membuka resep kemenangan.

Hasil yang diperoleh di India, selain membuat rekor pertemuan berubah menjadi 3-1, juga membawa Fajar/Rian bertemu dengan pasangan dari Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik pada babak empat besar. Sudah enam kali kedua pasangan bertemu. Untuk sementara Head to Had masih sama imbang 3-3. Hanya saja Fajar/Rian menang di tiga pertemuan terakhir.

“Besok melawan Soh/Aaron di semifinal, kami harus mewaspadai mereka. Seperti pasangan Malaysia lainnya, lawan memiliki pertahanan kuat dan sulit ditembus. Juga kualitas servis dan pembukaannya bagus. Kami akan diskusi dengan pelatih untuk mempersiapkan pertandingan besok,” pungkas Rian.