Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Peringkat Dunia] Peringkat Gregoria Tidak Bergerak
31 Januari 2023
[Peringkat Dunia] Peringkat Gregoria Tidak Bergerak
 
 

Mencapai babak perempat final pada ajang Daihatsu Indonesia Masters 2023 rupanya tidak juga bisa mendongkrak peringkat dari pemain putri terbaik Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung. Gregoria seolah-olah masih setia dengan peringkat lamanya yang ada di urutan 14 dunia. Walau demikian, peluang Gregoria untuk melewati pemain yang berada di atasnya terbuka lebar. Selisih poin Gregoria dengan Nozomi Okuhara, pemain Jepang yang berada pada peringkat 13 dunia tidak terlalu jauh. Jika Gregoria bisa meningkatkan prestasinya, bukan tidak mungkin ia bisa menembus peringkat sepuluh besar dunia.

Putri Kusuma Wardani yang mampu bertahan sampai babak kedua pada kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500 hanya bisa menambah satu peringkat saja. Pada daftar terbaru yang telah dikeluarkan hari ini (31/1) oleh badan bulutangkis dunia (BWF), peringkat putri naik ke urutan 43 pada minggu ini dibanding pada pekan lalu yang ada di urutan 44 dunia.

Peringkat yang diduduki oleh Komang Ayu Cahya Dewi, membuatnya menjadi pemain putri nomor tiga Indonesia sesudah Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Walau peringkat Komang masih di luar 50 besar dunia atau tepatnya pada urutan 55 dunia, posisi predikat sebagai pemain putri Indonesia dengan peringkat terbaik ketiga menempel pada dirinya. Peluang Komang untuk menembus peringkat lima puluh besar masih akan mungkin terjadi. Pasalnya, saat ini ia tengah berjuang mengikuti kejuaraan Thailand Masters 2023.

Dari peringkat sepuluh besar dunia, perubahan hanya terlihat pada peringkat enam sampai sembilan saja. Artinya peringkat satu tetap dikuasai oleh pemain Jepang, Nozomi Okuhara, lalu juara Indonesia Masters 2023, An Se Young dari Korea Selatan kokoh di urutan kedua. Lalu Peringkat ketiga sampai lima diisi Tai Tzu Ying (TPE), Chen Yu Fei (CHN), dan He Bing Jiao (CHN). Pemain China lainnya, Wang Zhi Yi dan pemain Spanyol membuat turun Ratchanok Inthanon dan Shindu Pusarla V. Wang mengisi peringkat enam disusul Carolina, Ratchanok dan Shindu. Tepat pada peringkat sepuluh bertengger pemain Thailand lainnya, Pornpawee Chochuwong. (AR)