Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex All England 2023] Fajar/Rian Raih Gelar Juara
19 Maret 2023
[Yonex All England 2023] Fajar/Rian Raih Gelar Juara
 
 

Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akhirnya keluar sebagai juara di Yonex All England 2023. Mereka mengalahkan kompatriotnya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dua game langsung dengan skor 21-17, 21-14 dalam 34 menit.

Pertandingan dua ganda terbaik Indonesia ini berjalan dengan tempo yang cukup lambat. Fajar/Rian bermain cukup taktis dalam merebut poin demi poin. Di sisi lain, Ahsan/Hendra tak bisa menampilkan permainan terbaiknya karena kondisi fisik yang mulai menurun. Di dua pertandingan sebelumnya, Ahsan/Hendra bermain cukup ketat dan menguras tenaga.

Fajar/Rian berhasil mendominasi pertandingan dengan baik. Setelah menang di game pertama, keduanya kembali unggul 20-14 di game kedua. Sayang pada saat satu poin lagi menyentuh match point, Ahsan salah mendarat saat mengamankan posisinya. Hal tersebut membuat Ahsan langsung terjatuh dan mengalami cedera.

Ahsan sempat mendapat pertolongan medis. Alih-alih berhenti di tengah pertandingan, Ahsan/Hendra memutuskan melanjutkan laganya hingga Fajar/Rian menang 21-14.

“Alhamdulillah kami bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar dan tanpa cedera. Perasaannya pasti luar biasa senang, tapi di satu sisi kami juga sedih karena Bang Ahsan harus mengalami cedera di poin-poin terakhir. Semoga Bang Ahsan bisa cepat kembali pulih dan bisa bermain lagi,” ungkap Rian.

“Menurut saya, mereka kelelahan. Karena di perempat final dan semifinal bermain rubber game dan sangat-sangat alot. Mungkin kondisi mereka juga tidak fresh. Kami mencoba bermain dengan pola speed power, dan sepertinya mereka juga kewalahan karena lelah,” jelas Fajar.

Terlepas dari kondisi Ahsan yang cedera, Fajar/Rian mengaku bahagia dan bangga karena bisa membuktikan kemampuannya dan merebut juara di turnamen bulutangkis tertua di dunia. Apalagi ternyata sebelum berangkat, Fajar sempat mengalami sakit dan cedera.

“Kami bahagia bisa juara di sini. Apalagi sebelum berangkat cukup banyak cobaannya. Di Dubai kemarin saya sempat cedera, dirawat juga dan sempat mengganggu persiapan All England. Dari jeda dua minggu, saya hanya berlatih efektif selama satu minggu. Pastinya tidak menyangka dan sangat bersyukur dengan hasil ini,” kata Fajar. (NAF)