Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Peringkat Dunia] Fajar/Rian Kokoh di Peringkat Satu
23 Maret 2023
[Peringkat Dunia] Fajar/Rian Kokoh di Peringkat Satu
 
 

Kejuaraan bulutangkis akbar All England 2023 sudah berakhir. Indonesia sukses mengemas satu gelar juara dari sektor ganda putra. Adalah pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berhasil membawa pulang gelar juara dari kejuaraan dengan kategori tertinggi yakni BWF World Tour Super 1000. Di final mereka mengalahkan seniornya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Menjadi juara All England membawa berkah lanjutan bagi Fajar/Rian. Berdasarkan pengumuman peringkat terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Bulutangkis Dunia (BWF), posisi Fajar/Rian tidak tergoyahkan sebagai ganda putra nomor satu dunia. Tambahan poin sebanyak 12.000 membuatnya semakin menjauh dari ganda Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang tetap menguntit di peringkat dua.

Posisi ketiga diisi oleh ganda senior Indonesia, Ahsan/Hendra. Pasangan yang mendapat julukan “The Daddies” memperoleh tambahan poin sebanyak 10.200 atas usahanya menjadi finalis. Posisi empat dan lima, berturut-turut diisi pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi dan ganda China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi.

Ganda China yang menjadi semifinalis di All England 2023, Liang Wei Keng/Wang Chang semakin kuat dalam jajaran peringkat dunia. Tiga peringkat mereka borong dan membawa mereka ke peringkat tujuh dunia mendekati ganda India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang ada di urutan enam.

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin menjadi pemimpin dari para ganda putra masa depan Indonesia. Walau peringkatnya tidak bergerak, tetapi mereka masih lebih baik dibanding rekan-rekannya. Berdasarkan daftar terbaru, Leo/Daniel masih di peringkat 11, sementara Bagas Maulana/Mohammad Shohibul Fikri merosot tiga peringkat ke urutan 15. Peringkat pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan juga tidak mengalami perubahan. Mereka masih kuat di peringkat 20 dunia.

Sementara itu Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo semakin terperosok. Gagal bertanding di Al England 2023 membuat pasangan yang mendapat julukan “The Minions” ini turun dari 19 pada pekan lalu menjadi 24 pada pekan ini. (AR)