Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Swiss Open 2023] Tunggal dan Ganda Putri ke Semifinal
25 Maret 2023
[Yonex Swiss Open 2023] Tunggal dan Ganda Putri ke Semifinal
 
 

Peluang meraih gelar juara dari kejuaraan bulutangkis Yonex Swiss Open 2023 semakin terbuka. Indonesia memiliki dua wakil yang akan bertanding di babak semifinal pada kejuaraan dengan kategori BWF World Tour Super 3000. Wakil Indonesia yang akan bertanding di babak empat besar datang dari sektor tunggal dan ganda putri.

Pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti semakin mendekati gelar dari kejuaraan yang menawarkan hadiah total USD210.000. Kemarin (24/3) di babak perempat final, ganda putri nomor satu Indonesia ini menyingkirkan wakil dari China, Li Yi Jing/Luo Xuo Min. Apri/Fadia menang straight game 22-20, 21-15. Selanjutnya di babak semifinal yang dilangsungkan hari ini (25/3), Apri/Fadia akan bertemu dengan pasangan kuat dari Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Ini merupakan pertemuan pertama antar kedua pasangan ini. Tetapi hal ini bukan hal baru bagi Apri. Semasa berpasangan dengan Greysia Polii, Apri sudah sering berhadapan dengan ganda Jepang yang saat ini ada di peringkat tujuh dunia.

Dari sektor tunggal putri, pebulutangkis Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung juga berhasil melewati babak perempat final. Pebulutangkis nomor satu Indonesia ini menang 21-10, 21-19 atas pemain Scotlandia, Kirsty Gilmour. Kemenangan di Basel, Swiss, membuat rekor pertemuan berubah menjadi 3-0 masih untuk keunggulan Gregoria. Di empat besar Gregoria sudah ditunggu pemain dari Thailand, Pornpawee Chochuwong. Ini merupakan pertemuan kelima bagi keduanya. Sebelumnya posisi head to head masih sama kuat 2-2. Hanya saja Gregoria menang di pertemuan terakhir pada kejuaraan Hylo Open 2022.

Sayangnya, peluang menambah kekuatan di tunggal putri kandas. Putri Kusuma Wardani yang pada babak kedua mebuat kejutan tidak bisa menghentikan laju Pornpawee. Putri kalah 12-21, 14-21.

Pasangan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga belum berhasil menembus babak semifinal. Ganda Indonesia berperingkat 15 dunia ini dihentikan ganda dari Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan rubber game 21-16, 12-21, 19-21. (AR)