Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Peringkat Dunia] Gregoria Peringkat Sepuluh Dunia
02 Mei 2023
[Peringkat Dunia] Gregoria Peringkat Sepuluh Dunia
 
 

Gregoria Mariska Tunjung, pebulutangkis putri kebanggaan Indonesia semakin membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain putri terbaik dunia. Dalam daftar peringkat terbaru yang dikeluarkan oleh Badan Bulutangkis Dunia (BWF), pemain kelahiran Wonogiri, 23 tahun silam ini, berhasil menembus peringkat sepuluh besar dunia. Ia menggusur turun pemain Thailand, Pornpawee Chochurong dan tunggal terbaik India, Sindhu Pusarla Venkata.

Gregoria mendapat tambahan dua peringkat pada pekan ini. Pada minggu lalu, juara Madrid Spain Masters 2023 itu masih berada pada peringkat 12. Pada minggu ini, ia berhasil menempati urutan sepuluh dunia, peringkat terbaik selama karirnya dalam dunia bulutangkis. Gregoria semakin mendekati pemain China, Han Yue, yang menjadi seterunya sejak jaman junior.

Kenaikan peringkat juga didapat oleh Komang Ayu Cahya Dewi. Tambahan lima peringkat membuat pemain asal PB Djarum ini ada pada peringkat 51 dunia. Ester Nurumi Tri Wardoyo juga mendapatkan berkah kenaikan peringkat. Sesuai daftar terbaru, pemain kelahiran Jayapura, Papua, menempel pada peringkat 60 dunia. Sayangnya, Putri Kusuma Wardani belum berhasil menambah kenaikan peringkat dunia. Malah Putri melorot turun empat peringkat ke urutan 41 dunia.

Perubahan terlihat pada lima besar dunia. Pertukaran peringkat terjadi antara pemain Taiwan, Tai Tzu Ying dengan Chen Yu Fei asal China. Tai Tzu Ying naik ke urutan tiga menggeser turun Chen Yu Fei ke urutan empat. Peringkat satu dan dua dunia masih kokoh diisi oleh Akane Yamaguchi dan An Se Young. Tetapi bukan tidak mungkin An Se Young yang berasal dari Korea akan naik menjadi pemain putri nomor satu dunia karena perbedaan peringkat yang sangat tipis. Di peringkat lima masih ada pemain China, He Bing Jiao. (AR)