Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Polytron Superliga Junior 2023] Yuni Kartika Akui Keunggulan Skuad Banthongyord
13 Mei 2023
[Polytron Superliga Junior 2023] Yuni Kartika Akui Keunggulan Skuad Banthongyord
 
 

Kemenangan Skuad U17 putri Banthongyord, Thailand, di ajang Polytron Superliga Junior 2023 juga disoroti oleh pemilik nama piala yang diperebutkan kategori tersebut. Yaitu legenda bulutangkis Indonesia asal PB Djarum, Yuni Kartika.

Yuni mengapresiasi kemenangan Banthongyord Thailand dalam Polytron Superliga Junior 2023 kali ini. Kendati demikian, kekalahan wakil Indonesia atas Thailand ini akan menjadi bahan evaluasi guna meningkatkan kemampuan dan teknik pemain-pemain muda Indonesia di masa mendatang.

Tentunya saya berharap Piala Yuni Kartika diraih oleh tim Indonesia. Kekalahan Ini akan menjadi bahan evaluasi kita. Karena kemenangan Banthongyord ini di luar prediksi. Tapi memang, bila melihat jalannya pertandingan, pemain kita belum bisa mengimbangi permainan Thailand, jadi mau tidak mau kita harus mengakui keunggulan mereka,” ujar Yuni.

Satu hal yang disoroti alumni PB Djarum tersebut adalah jam terbang pemain-pemain Thailand yang terbilang lebih tinggi dibanding para pemain Indonesia. Satu contohnya ialah tunggal pertama Thailand yakni Anyapat Phicitpreechasak yang selalu menang sejak babak penyisihan. Di level junior, Anyapat sudah sering mencicipi pertandingan level internasional seperti Bulgaria Junior 2022, India Junior 2022, Dutch Junior 2022 ,dan German Junior 2022. Bahkan, saat mengikuti Turkey Junior 2022, Anyapat berhasil menyabet gelar juara.

Menurut saya, kita kalah di jam terbang. Begitu pula dari cara bermain dan ketenangan di atas lapangan sangat berbeda. Inilah yang harus menjadi evaluasi tersendiri bagi klub-klub di Indonesia,” tandas Yuni. (AH)