Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Polytron Superliga Junior 2023] PB Djarum Juara Umum Superliga Junior 2023
14 Mei 2023
[Polytron Superliga Junior 2023] PB Djarum Juara Umum Superliga Junior 2023
 
 

PB Djarum memastikan diri menyandang status juara umum dalam Polytron Superliga Junior 2023. Pada babak final beregu U-19 putra dan U-19 putri yang diselenggarakan di GOR Djarum, Magelang, Minggu (14/5), klub asal Kudus Jawa Tengah tersebut berhasil keluar sebagai juara. Sementara, satu hari sebelumnya yakni Sabtu (13/5), PB Djarum menjadi kampiun di sektor U-17 putra.

Rentetan kemenangan tersebut membuat PB Djarum berhak mengangkat tiga piala bergengsi yakni Piala Hariyanto Arbi (U-17 putra), Piala Susy Susanti (U-19 putri), dan Piala Liem Swie King (U-19 putra). Satu-satunya gelar yang gagal diraih oleh PB Djarum ialah Piala Yuni Kartika untuk sektor U-17 putri yang direbut oleh klub asal Thailand, Banthongyord. Status juara umum ini merupakan kali pertama direngkuh PB Djarum semenjak keikutsertaan mereka di gelaran Superliga Junior.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation yang juga Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin memberi apresiasi bagi para atlet muda PB Djarum yang telah berjuang habis-habisan di tengah arena. Yoppy menuturkan, berkilaunya prestasi atlet-atlet junior ini merupakan bukti nyata bahwa proses pembinaan usia dini mutlak dilakukan demi mengasah dan membentuk juara dunia masa depan.

Kemenangan ini, selain membanggakan tentunya juga memberikan kami keyakinan bahwa untuk meraih prestasi itu harus dibentuk melalui proses pembibitan dan pembinaan yang menyeluruh. Di PB Djarum, kami memulainya dengan perekrutan atlet-atlet usia dini berbakat, salah satu yang sudah dikenal ialah Audisi Umum PB Djarum,” Yoppy menjelaskan. Tahun ini, Audisi Umum PB Djarum kembali digelar yang menyasar atlet-atlet U-11 dan U-13 baik putra dan putri.

Lebih lanjut, Yoppy mengatakan, tim PB Djarum datang ke Magelang dengan kepercayaan yang cukup tinggi guna merebut titel juara. Berbekal persiapan yang matang dan materi pemain yang mumpuni, PB Djarum turun dengan formasi terbaik di setiap kategori yang dipertandingkan. “Hasilnya, anak-anak mampu menjawab kepercayaan pelatih dengan tampil maksimal di lapangan dan membawa pulang gelar juara,” cetus Yoppy.

Salah satu torehan yang membanggakan adalah raihan gelar juara U-19 putra. Di sektor ini, PB Djarum mengalahkan PB Jaya Raya dengan skor 3-0. Di babak final, masing-masing tim menurunkan pemain-pemain terbaik mereka untuk bertarung memperebutkan Piala Liem Swie King. Semisal, PB Djarum, yang konsisten menempatkan Moh Zaki Ubaidillah alias Ubed selaku tunggal pertama sejak kali pertama bertanding di kejuaraan ini.

Ubed pun membayar kepercayaan pelatih dengan rekor tak terkalahkan pada Polytron Superliga Junior 2023. Pemuda kelahiran Madura ini, bahkan, tak kehilangan satu gim pun dalam lima pertandingan di kejuaraan beregu yang mengadaptasi format beregu Piala Thomas dan Uber ini. Di final, meski mendapatkan perlawanan alot, Ubed mampu menuntaskan pertandingan dengan dua gim langsung 21-17, 21-11 atas Ryan Putra Widyanto dalam tempo 42 menit. Alhasil Ubed diganjar predikat sebagai The Best Athlete U-19 Boys Team.

Tren kemenangan PB Djarum berlanjut setelah ganda putra Anselmus Breagit Fredy Prasetya/Pulung Ramadhan merebut kemenangan straight games 22-20, 21-18 atas Adrian Pratama/Jonathan Farrel Gosal. Tunggal putra Devin Artha Wahyudi menyempurnakan kemenangan PB Djarum menjadi 3-0 setelah menghentikan perlawanan alot Muhammad Falen Ammar Rizki melalui drama tiga gim 19-21, 21-15, 21-17 selama 92 menit.

Kami tidak memiliki strategi apa pun ketika bertanding di final ini. Saya bilang ke anak-anak untuk jangan lengah, tenang dan tampilkan yang terbaik dan ternyata mereka bisa bermain optimal sehingga menang tiga partai langsung,” bilang pelatih PB Djarum, Imam Tohari.

Ketua Pelaksana Polytron Superliga Junior 2023, Lius Pongoh, bersyukur karena kejuaraan beregu yang mempertemukan klub-klub papan atas Indonesia dan mancanegara ini berjalan lancar. Ia juga mengapresiasi sportivitas yang ditunjukkan oleh para atlet ketika berlaga di atas lapangan. “Mewakili seluruh panitia yang terlibat, saya mengucap syukur karena Polytron Superliga Junior 2023 dapat berjalan lancar dan para atlet mampu menunjukkan sportivitas yang sangat tinggi ketika berlaga di lapangan,” ujar Lius.

Lebih lanjut, legenda bulutangkis yang dijuluki “Si Bola Karet” ini berharap ke depannya semakin banyak klub-klub nasional dan mancanegara yang berpartisipasi dalam kejuaraan ini sehingga Superliga Junior semakin kompetitif dan menjadi kejuaraan yang mempertemukan berbagai kekuatan di wilayah Asia. “Kalau semakin ramai, pasti semakin kompetitif sehingga kita bisa melihat lebih detail kemampuan atlet-atlet di level junior yang ada di Asia,” bilang Lius.

Sementara itu, Zemmy Iskandar selaku Associate General Manager Polytron mengucapkan selamat kepada para klub yang sukses meraih gelar-gelar bergengsi di Polytron Superliga Junior 2023. Ia berharap, para atlet yang berlaga di ajang ini dapat memetik pengalaman berharga dan kelak meraih gelar juara di level yang lebih tinggi lagi.

Polytron Superliga Junior 2023 menjadi ajang yang mempertemukan atlet-atlet tangguh dari klub papan atas Indonesia dan mancanegara. Tentunya, selama pertandingan di Magelang ini, banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang didapatkan. Semoga hal tersebut bisa menjadi modal penting untuk meningkatkan kemampuan dan teknik para atlet sehingga dalam beberapa tahun ke depan mereka menjadi tulang punggung Indonesia dalam kejuaraan-kejuaraan di level dunia,” tutur dia.

Berikut daftar juara Polytron Superliga Junior 2023:

U-17 Putri:

Juara I                  : Banthognyord Thailand

Juara II                 : PB Jaya Raya

Juara III                : PB Djarum dan Badminton Association Malaysia (BAM)

Atlet Terbaik       : Anyapat Phicitpreechasak (Banthongyord Thailand)

 

U-17 Putra:

Juara I                  : PB Djarum

Juara II                 : PB Jaya Raya

Juara III                : Hong Kong China dan PB Mutiara Cardinal Bandung

Atlet Terbaik       : Richie Duta Ricardo (PB Djarum)

 

U-19 Putri:

Juara I                  : PB Djarum

Juara II                 : PB Jaya Raya

Juara III                : Vietnam Team dan PB Mutiara Cardinal Bandung

Atlet Terbaik       : Sausan Dwi Ramadhani (PB Djarum)

 

U-19 Putra:

Juara I                  : PB Djarum

Juara II                 : PB Jaya Raya

Juara III                : Vietnam Team dan PB Mutiara Cardinal Bandung

Atlet Terbaik       : Moh Zaki Ubaidillah (PB Djarum)

 

(AH)