Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2023] Indonesia Pertahankan Gregoria
16 Mei 2023
[Piala Sudirman 2023] Indonesia Pertahankan Gregoria
 
 

Hari ini (16/5), tim Indonesia akan menjalani laga kedua pada putaran penyisihan Grup B di ajang perebutan Piala Sudirman 2023, yang berlangsung di Suzhou, China. Tim merah putih akan bertemu dengan Jerman. Kedua negara sudah memberikan daftar susunan pemain yang akan turun bertanding. Indonesia mengubah hampir semua susuan pemainnya. Terlihat berbeda, tidak seperti saat menghadapi Kanada di pertandingan pertama. Hanya Gregoria Mariska Tunjung yang tetap dipertahankan.

Lokomotif tim Indonesia kali ini ada pada pasangan ganda campuran Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari yang akan turun pada partai pertama menghadapi Jones Rafly Jansen/Linda Efler. Rekor menang kalah sepertinya menjadi pertimbangan bagi tim Indonesia. Sejauh ini, Rinov/Phita sudah mengemas dua kali kemenangan tanpa pernah kalah. Hylo Open 2022 dan Yonex Japan Open 2022 menjadi saksi kemenangan Rinov/Phita dari lawan yang berada pada peringkat 38 dunia.

Indonesia menyimpan Anthony Sinisuka Ginting. Jonatan Christie dipercaya tampil pada partai kedua. Pemain yang biasa disapa dengan Jojo akan bersua dengan Fabian Roth, pemain Jerman berperingkat 94 dunia. Belum ada rekor pertemuan dari kedua pemain ini.

Gregoria kembali turun bertanding memperkuat sektor tunggal putri pada partai ketiga. Peluang Gregoria yang kini ada di peringkat 10 dunia terbuka lebar. Tiga kemenangan tanpa balas sudah dikemas oleh Gregoria dari lawannya Yvonne Li.

Partai keempat akan memainkan sektor ganda putra. Indonesia siap dengan amunisi muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Juara Indonesia Masters 2023 akan menghadapi ganda Jerman, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel. Diperkirakan pertandingan akan berjalan dengan ketat mengingat perbedaan peringkat keduanya tidak terlalu jauh. Berdasarkan daftar peringkat terbaru, Leo/Daniel mengisi peringkat ke-11 sementara lawannya ada di urutan 18.

Pada partai pamungkas, Indonesia menurunkan pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Ganda putri nomor satu Indonesia ini akan coba menghadang wakil Jerman, Stine Kuespert/Emma Moszczynski. Kemenangan pertama pada kejuaraan Malaysia Open 2022 tentunya menjadi modal bagi ganda Indonesia. (AR)