Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kumamoto Masters Japan 2023] Gregoria Rebut Gelar Juara
19 November 2023
[Kumamoto Masters Japan 2023] Gregoria Rebut Gelar Juara
 
 

Satu gelar juara akhirnya berhasil direbut Indonesia dari kejuaraan bulutangkis Kumamoto Masters Japan 2023. Gregoria Mariska Tunjung, pebulutangkis putri kebanggaan Indonesia menjadi juara usai menghentikan pemain putri nomor satu China, Chen Yu Fei. Gregoria menang dari Chen pada babak final yang dimainkan hari ini (19/11), dengan skor 21-12, 21-12.

Gregoria bermain ciamik pada babak puncak. Ia bisa membuat pemain China bermain tidak nyaman di sepanjang pertandingan. Bola-bola yang dilepaskan Gregoria menyudutkan Chen dan membuat pemain China berperingkat tiga dunia banyak mati sendiri. Di pertengahan game pertama Gregoria sempat membuat beberapa kali kesalahan. Untungnya ia bisa bangkit dan menutup game pertama dengan kemenangan.

Di game kedua pertandingan mulai berjalan imbang. Beberapa kali Gregoria sempat tertinggal dalam perolehan angka, termasuk saat interval dengan 9-11.  Tetapi Gregoria yang bermain sabar bisa mengimbangi kecepatan bermain dari Chen dan bisa menyamakan menjadi 11-11. Usai angka sama, permainan Gregoria tidak terbendung. Berulang kali Chen jatuh bangun mengamankan sisi lapangannya. Smash silang Gregoria yang tidak dapat dikembalikan Chen menutup game kedua.

Gregoria di kejuaraan ini juga memutus usaha China yang ingin menyapu bersih gelar juara. Tiga gelar juara sudah pasti menjadi milik negeri tirai bambu karena sektor ganda campuran, ganda putri, dan ganda putra berhasil menciptakan final sesama pemain China. Selain itu, Gregoria juga mengubah rekor pertemuannya dengan Chen menjadi 7-3, tetapi masih untuk keunggulan pemain China.

Sepanjang tahun 2023, Gregoria bisa menembus tiga babak final di kejuaraan seri BWF. Dua di antaranya bisa dimenangkan Gregoria. Gelar pertama datang dari kejuaraan Madrid Spain Masters 2023. Gelar kedua dari Kumamoto Masters Japan 2023 yang baru saja direbutnya. Satu babak final yang gagal direbut Gregoria dari kejuaraan Perodia Malaysia Masters 2023. Masa itu Gregoria kalah di babak puncak dari Akane Yamaguchi. Gelar di Jepang juga menjadi gelar pertama Gregoria dari kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500. (AR)