Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Yonex Sunrise Odisha Masters 2023] Alwi Tekuk Unggulan Pertama
13 Desember 2023
[Yonex Sunrise Odisha Masters 2023] Alwi Tekuk Unggulan Pertama
 
 

Kejutan besar mewarnai kejuaraan bulutangkis Yonex Sunrise Odisha Masters 2023. Unggulan pertama asal tuan rumah, Priyanshu Rajawat harus menjadi penonton lebih cepat. Adalah pebulutangkis muda Indonesia, Alwi Farhan yang menghentikan lawan yang berada pada peringkat 31 dunia pada babak kedua yang digelar hari ini (13/12).

Sebetulnya posisi statistik Alwi tidak baik jika bertemu dengan Priyanshu. Dua kali bertemu pada pertemuan sebelumnya, dua kali pula Alwi menelan kekalahan. Tekad Alwi ingin membalas kekalahan justru terwujud di hadapan publik dari Priyanshu. Alwi membuat malu pemain yang sempat menjadi semifinalis pada kejuaraan Syed Modi India International 2023. Alwi menang rubber game 21-11, 20-22, 21-12.

Kemenangan Alwi juga diikuti oleh lima rekanya yang lain. Semuanya mampu mengemas kemenangan di babak kedua dan berhak melanjutkan pertandingan di babak ketiga. Jason Christ Alexander menang dua game 21-17, 21-18 atas pemain Mauritius, Georges Julien Paul. Yohanes Saut Marcellyno juga menang straight game. Yohanes malah menumbangkan unggulan ketujuh asal Spanyol, Luis Enrique Penalver dengan 21-19, 21-12. Tiga lainnya harus bertanding rubber game untuk melewati babak kedua. Alvi Wijaya Chairullah dipaksa rubber game oleh pemain Kanada, BR Sankeerth. Alvi menang 19-21, 21-11, 21-6. Tegar juga harus kalah terlebih dahulu di game pertama. Tapi kemudian ia bisa membalikkan keadaan hingga menang 19-21, 21-16, 21-16 atas pemain Taiwan, Yang Yang. Iqbal Diaz Syahputra dipersulit pemain Amerika Serikat, Kevin Arokia Walter. Unggul di game pertama dengan 21-9, Diaz harus kehilangan game kedua dengan  20-22. Untungnya di game penutup Diaz bisa kembali pada performanya hingga menang 21-8.

Besok (14/12) di babak ketiga, beberapa pemain Indonesia harus bertemu dengan pemain India. Alwi kembali berurusan dengan pemain tuan rumah. Arya Bhivpathaki akan menjadi lawan Alwi di babak ketiga. Iqbal harus menjamu unggulan kedua Arya Bivpathaki. Juara Yonex Sunrise Guwahati Masters 2023, Yohanes Saut Marcellyno akan dicoba oleh Meiraba Luwang Maisnam. Satu lagi pemain Indonesia yang akan bertemu pemain India adalah Tegar. Ayush Shetty akan coba dihadang Tegar untuk mengamankan tiket babak perempat final.

Satu tiket babak delapan besar sudah pasti akan menjadi milik Indonesia. Tetapi sayangnya tiket ini diperoleh dari pertemuan dua pemain Indonesia di babak ketiga. Jason akan memperebutkan satu tiket dengan rekannya sendiri, Alvi. Pememang dari partai bersaudara ini lah yang akan mendapatkan satu tiket babak perempat final. (AR)