Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia Open 2024] Tim Indonesia Gelar Latihan di Arena
08 Januari 2024
[Malaysia Open 2024] Tim Indonesia Gelar Latihan di Arena
 
 

Jelang pertandingan Petronas Malaysia Open 2024, tim Indonesia menggelar latihan di arena pertandingan Axiata Arena, Kuala Lumpur, pada Senin (8/1) siang. Latihan diikuti seluruh pemain untuk mengetahui situasi lapangan dan adaptasi sebelum bertanding.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky mengatakan para atlet diharapkan mewaspadai perubahan mendadak di lapangan. Selain itu Rionny juga menekankan kepada tim untuk melakukan pemanasan yang cukup dan mempelajari pemainan lawan sebelum turun.

“Latihan hari ini cukup untuk mengetahui situasi lapangan, kondisi anak-anak juga prima. Perbedaan sedikit di konfigurasi lapangan, biasanya di Malaysia menggunakan empat lapangan tapi kali ini hanya tiga tapi itu tidak terlalu berpengaruh,” kata Rionny Mainaky.

“Yang perlu diwaspadai adalah perubahan-perubahan mendadak di lapangan samping ya, nomor dua dan nomor tiga. Ini besok ketika pertandingan anak-anak harus cepat adaptasinya. Selain itu, pemanasan juga harus bagus dan sudah siap dengan permainan yang mau diterapkan. Pelajari juga calon lawan, jangan masuk lapangan fokusnya kosong,” lanjutnya.

Pelatih tunggal putra, Irwansyah mengatakan timnya siap untuk membuka laga di 2024. Ia pun sudah memberikan tambahan variasi permainan demi tampil maksimal dalam menghadang setiap lawan.

“Sejauh ini alhamdulillah tidak ada masalah untuk Jonatan dan Ginting. Sudah coba lapangan juga jadi tinggal bagaimana di pertandingan nanti. Secara persiapan sudah siap,” kata Irwansyah.

“Di turnamen pertama tahun 2024, akan ada penambahan variasi permainan. Dan akan coba kita terapkan mulai Malaysia Open ini. Kami juga coba matangkan yang sudah bagus. Semoga hasilnya nanti bisa terlihat,” sebut Irwansyah.

“Pesan saya untuk mereka pastinya jaga fokus, jaga kondisi, karena turnamen akan padat sampai di Olimpiade nanti. Jangan lengah untuk menjaga semuanya itu,” katanya lagi.

Tunggal putra Indonesia akan menurunkan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di Malaysia Open 2024. Chico Aura Dwi Wardoyo yang semula akan dimainkan, terpaksa munduk karena ada cedera.

“Mengenai Chico, di persiapan terakhir sebelum berangkat ke sini, dia mengatakan ada sedikit gangguan di pinggangnya sehingga membuat pergerakannya tidak enak, ada yang mengganjal. Akhirnya, kami memutuskan untuk menarik mundur dari Malaysia Open untuk diterapi dan penguatan dulu. Bila minggu ini membaik, dia akan turun di India Open atau paling tidak di Daihatsu Indonesia Masters dua pekan lagi,” jelas Irwansyah.

Laga Malaysia Open 2024 akan berlangsung mulai Selasa (9/1). Turnamen BWF World Tour Super 1000 ini akan memperebutkan poin menuju Olimpiade Paris 2024 dan menawarkan hadiah sebesar US$1,3 juta. (NAF)