Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [French Open 2024] Sisakan Dua Wakil di Perempat Final, Ricky Soebagdja: Kecewa dan Harus Evaluasi
08 Maret 2024
[French Open 2024] Sisakan Dua Wakil di Perempat Final, Ricky Soebagdja: Kecewa dan Harus Evaluasi
 
 

Baru memasuki babak perempat final, Indonesia hanya menyisakan dua wakilnya di Yonex French Open 2024. Hal ini tentunya di luar harapan dan target PBSI, apalagi persiapan yang dilakukan sudah cukup maksimal. Dua wakil yang masih berjuang di Arena Porte de la Chapelle, Paris, Prancis ialah Chico Aura Dwi Wardoyo dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Ricky Soebagdja pun menyampaikan kekecewaannya. Ricky menyayangkan penampilan para atlet yang tidak maksimal, padahal pada proses persiapannya sudah dilakukan dengan baik.

“Saya sangat kecewa dengan beberapa pemain karena dengan persiapan yang baik tapi penampilannya tidak maksimal. Semestinya ini tidak terjadi,” ujar Ricky.

“Kendalanya yang paling kentara adalah daya juang di lapangan yang sangat kurang. Jiwa tidak mau kalah, jatuh bangun di lapangan tidak diperlihatkan. Padahal itu yang kami harapkan karena secara persiapan sudah maksimal. Secara teknis mereka tidak kalah apalagi saya mendapat laporan dari pak Nanang Kusuma sebagai performa analisis bahwa teknis dan fisik anak-anak ada peningkatan,” jelas Ricky.

“Contoh dari ganda putra Leo/Daniel dan Bagas/Fikri, kemampuannya belum keluar semua, main juga belum capek, harusnya mereka bisa memberikan performa yang lebih baik,” tambah Ricky.

“Bagaimana atlet dan pelatih saat bertanding bisa menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi. Atlet bisa cepat mencari solusi dan pola untuk keluar dari tekanan, pelatih pun harus bisa memberikan motivasi dan arahan yang tepat dan cepat saat terjadi kebuntuan,” ungkapnya.

Ricky juga menekankan pentingnya komitmen dan fokus para atlet dalam mengejar poin pertandingan dan prestasi. Ia berharap para atlet terus berjuang maksimal, apalagi beberapa pertandingan terakhir merupakan saat penting dalam mengumpulkan poin menuju Olimpiade Paris 2024.

Lebih lanjut Ricky berharap para pemain bisa bangkit dan berjuang untuk turnamen berikutnya di All England 2024.

“Dengan waktu yang sempit menuju All England, saya harap semua bisa memperbaiki lagi penampilannya,” pungkas Ricky. (NAF)