Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Bank of Ningbo Badminton Asia Championships 2024] Tunggal Putra Menang Straight Game
10 April 2024
[Bank of Ningbo Badminton Asia Championships 2024] Tunggal Putra Menang Straight Game
 
 

Dua tunggal putra Indonesia yang berlaga pada babak pertama di ajang Bank of Ningbo Badminton Asia Championships 2024 bisa memetik kemenangan. Baik Anthony Sinisuka Ginting maupun Jonatan Christie sama-sama memenangkan pertandingan hanya dalam dua game saja.

Anthony Sinisuka Ginting mendominasi jalannya pertandingan babak pertama sektor tunggal putra yang berlangsung hari ini (10/4). Padahal lawan yang dihadapinya bukan pemain sembarangan. Padahal Srikanth Kidambi, pemain India yang kini menempati peringkat 27 dunia pernah mengalahkan Anthony sebanyak dua kali. Tapi pemain Indonesia yang biasa dipanggil dengan Ginting ini bisa meredam kekuatan Srikanth. Dalam waktu 36 menit Ginting menang 21-14, 21-13.

Puji Tuhan saya bisa langsung in dengan pola permainan. Sebab biasanya selalu ada kendala dengan adaptasi dan sebagainya. Hari ini semua rancangan strategi bisa berjalan baik. Pola mainnya juga bisa langsung ini,” ujar Ginting kepada tim Humas dan Media PP PBSI.

Dengan pola seperti itu lawan juga nggak punya kesempatan bangkit. Memang di game kedua sempat kejar-kejaran poinnya. Puji Tuhan saya bisa nge-push terus hingga menang,” tambahnya.

Hal yang sama juga dijalani oleh Jonatan Christie. Jojo, demikian ia biasa dipanggil, terlihat setingkat lebih baik dibandingkan Jewel Angelo Albo, pemain asal Filipina yang menjadi lawannya. Bekal menang 21-12, 21-12 membawa Jojo melangkah lanjut ke babak kedua. Bagi Jojo pertandingan babak perama dijadikan sebagai ajang pemanasan dan pengenalan kondisi lapangan dan shutlecock lebih jauh lagi.

“Pertandingan hari ini saya gunakan untuk pemanasan. Selain itu kondisi shuttlecock-nya berbeda dengan yang dipakai di All England. Lajunya kurang stabil untuk setiap pukulannya. Jadi saya gunakan  untuk lebih mengenakan feeling touch-nya,” ungkapnya.

Besok (11/4) di babak kedua, Ginting akan bertemu dengan pemain Uni Emirat Arab, Somi Romdhani. Somi melangkah ke babak kedua usai menang dari pemain Jepang Kanta Tsuneyama. Usai Somi menang di game pertama dengan 21-18, pemain Jepang yang menjadi lawannya memilih mundur dari pertandingan sebelum game kedua dimulai.

Untuk menghadapi pertandingan berikutnya, mungkin yang harus ditambah fokus dan pola mainnya. Cuma tiap lawan tentu berbeda. Jadi secara umum di lapangan saya jangan gampang mati. Juga harus mengurangi kesalahan sendiri saja,” ucap Ginting.

Sementara itu Jojo akan bersua pemain Hongkong, Lee Cheuk Yiu pada babak kedua. (AR)