Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Jojo, Ginting Menatap Olimpiade
17 April 2024
Jojo, Ginting Menatap Olimpiade
 
 

Olimpiade Paris 2024 sudah di depan mata. Tidak berapa lama lagi ajang yang menjadi pemuncak olahraga dunia akan diselenggarakan. Indonesia sudah memastikan diri akan ambil bagian pada ajang yang diselenggarakan setiap empat tahun sekali. Cabang olahraga bulutangkis kembali akan menjadi andalan bagi kontingen Indonesia untuk mendulang medali emas.

Tunggal putra menjadi sektor yang paling banyak mengirimkan wakil bagi Indonesia. Dua tunggal putra Indonesia sudah memastikan diri memiliki tiket untuk berlaga di Paris, Prancis. Mereka adalah Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Keduanya bisa mewakili Indonesia karena secara peringkat memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Berdasarkan daftar terbaru Olimpic Race to Paris, posisi Jonatan atau yang akrab dipanggil dengan Jojo berada pada uturan ketiga. Sementara Anthony Sinisuka Ginting ada di peringkat ketujuh. Berdasarkan ketentuan yang ada, khusus untuk sektor tunggal, setiap negara bisa menyertakan dua wakilnya selama road to Olimpics berada dalam peringkat 16 besar. Berbekal ketentuan inilah, Indonesia akhirnya punya dua kesempatan dari sektor tunggal putra.

Sama halnya seperti Indonesia, China, Denmark, Jepang, dan India juga punya dua wakil di tunggal putra. Pebulutangkis putra nomor satu dunia, Viktor Axelsen akan mewakili Denmark bersama rekannya Anders Antonsen yang ada di urutan empat. Duo China diisi oleh Shi Yu Qi dan Li Shi Feng yang menempati urutan dua dan enam. Pemain ulet Kodai Naraoka bersama dengan Kenta Nishimoto akan menjadi duta dari Jepang. India memiliki Prannoy HS dan Lakshya Shen.

Daftar terbaru peringkat Olimpic race to Paris yang telah dikeluarkan BWF sepertinya bisa dijadikan acuan walau batas pengumpulan poin masih sampai dengan akhir April 2024. Apalagi tidak ada satu kejuaraan pun yang tersisa sampai dengan batas waktu yang ditentukan. (AR)