Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Harapan Ganda Putra Pada Fajar/Rian
19 April 2024
Harapan Ganda Putra Pada Fajar/Rian
 
 

Pupus sudah harapan menambah satu pasang ganda putra Indonesia yang bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tidak ada lagi pendamping bagi pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pada ajang multi event yang akan dilaksanakan di Paris, Prancis. Hanya nama Fajar/Rian yang akan menjadi satu-satunya kontingen Indonesia pada cabang olahraga bulutangkis sektor ganda putra. Bercokol ada posisi ketujuh membuat Fajar/Rian aman menuju Prancis.

Semula harapan ada pada pasangan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri. Secara peringkat Olympic race to Paris, Bagas//Fikri paling memungkinkan untuk lolos. Tetapi Bagas/Fikri tidak dapat memanfaat peluang yang ada pada kejuaraan Asia 2024 yang berlangsung di Ningbo, China. Bagas/Fikri kalah di babak pertama dari ganda Thailand, Supak Jomkoh/Kittinupong Kedren. Padahal ganda Thailand yang ada di peringkat 22 dunia sudah empat kali dikalahkan oleh Bagas/Fikri. Bagas/Fikri akhirnya kalah bersaing dengan ganda China, Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi yang menempati urutan delapan Olympics Race to Paris. China pun berhak membawa serta dua pasang ganda putra ke Paris, Prancis. Selain Liu Yu Chen/Ouu Xuan Yi, China punya pasangan Liang Wei Keng/Wang Chang yang berada pada rangking teratas.

Tidak ada negara lain selain Cina yang bisa mengirim dua wakil. Indonesia, Korea, Jepang, Malaysia, India dan Denmark masing-masing hanya berhak mengirim satu utusan ganda putra. Korea punya pasangan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae yang menempati peringkat dua, disusul ganda nomor satu India, Satwiksairaj Rankyreddy/Chirag Shetty pada urutan tiga. Berturut-turut pada posisi tiga sampai enam adalah Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen dari Denmak lalu Aaron Chia/Soh Wooi Yik asal Malaysia dan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi yang mewakili Jepang.

Peringkat terbaru Olympics Race to Paris yang telah dirilis Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) bisa menjadi acuan untuk melihat para pemain yang lolos ke Olimpiade Paris 2024. Karena sampai akhir bulan Aril 2024 sudah tidak ada lagi kejuaraan bulutangkis. (AR)