Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Sathio Group Australia Open 2024] Ester Melesat ke Final
15 Juni 2024
[Sathio Group Australia Open 2024] Ester Melesat ke Final
 
 

Pebulutangkis putri Indonesia, Ester Nurumi Tri Wardoyo akhirnya berhasil melesat ke babak final pada kejuaraan Sathio Group Australia Open 2024. Ester membuat kejutan pada kejuaraan yang dilaksanakan di Sydney, Australia. Ester datang pada kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500 hanya berbekal unggulan ketujuh dengan peringkat 31 dunia. Tapi ia bisa membuktikan diri dengan menghempaskan pemain yang punya ungggulan dan peringkat lebih baik dari dirinya.

Pada babak semifinal yang dilakukan hari ini (15/6), Ester menang dari pemain asal Taiwan, Pai Yu Po dalam dua game 21-15, 21-16. Ester menang dari lawan yang duduk sebagai unggulan ketiga dan memiliki peringkat di atas Ester. Di game pertama Ester mendominasi jalannya pertandingan. Dengan cerdik ia bisa memanfaatkan celah saat lawan banyak membuat kesalahan sendiri. Di awal game kedua pertandingan menjadi imbang. Ester yang sempat unggul 7-2 berbalik tertinggal sampai jeda game kedua menjadi 10-11. Untungnya ia kembali pada performanya hingga bisa menjaga kemenangan.

"Pai Yu Po adalah pemain yang bertipe menyerang dan pasti bola-bola serangan bagus. Tetapi puji Tuhan saya tadi bisa mengendalikan permainan dengan cukup baik. Saya tadi mencoba untuk tidak memberi dia kesempatan untuk menyerang," tutur Ester seperti yang dikutip dari  tim Humas dan Media PP PBSI.

"Di game kedua mungkin saat saya tersusul itu karena pola permainan saya sedikit berubah. Saya cukup panik. Tetapi puji Tuhan saya bisa dengan cepat mengontrol permainan lagi," sambung Ester.

Di babak final yang akan dilangsungkan besok (16/6), Ester akan berhadapan dengan salah satu pemain putri terbaik dari Jepang, Aya Ohori. Sudah dua kali Ester bertemu dengan pemain kidal dari Jepang yang menempati peringkat 11 dunia sekaligus unggulan kedua. Dua kali pula Ester harus menelan kekalahan. Namun pada pertemuan terakhir pada putaran final perebutan Uber Cup 2024, Ester bisa membuat susah andalan Jepang. Walau kalah, Ester bisa mengajak Ohori bertanding rubber game dengan angka tipis 14-21, 22-20, 18-20.

"Besok di final lawan Ohori, sebelumnya waktu di perebutan Piala Uber saya pernah bertemu dia. Dari pertemuan tersebut yang pasti saya belajar dan akan berdiskusi dengan pelatih. Besok saya tidak akan berpikir soal menang atau kalah, saya akan mencoba memberikan yang terbaik," ujar Ester.

Bagi Ester, ini merupakan final pertamanya pada kejuaraan dengan level BWF World Tour Super 500.  (AR)