Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Victor Denmark Open 2024] Fajar/Rian Ikut Terhenti
19 Oktober 2024
[Victor Denmark Open 2024] Fajar/Rian Ikut Terhenti
 
 

Babak Final kejuaraan bulutangkis Victor Denmark Open 2024 akhirnya tanpa ada wakil Indonesia. Setelah dua tunggal putri Indonesia belum berhasil menembus babak final, sektor ganda putra pun gagal menempatkan wakilnya. Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang menjadi harapan terakhir, dihentikan oleh pasangan dari Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmuseen. Bertanding di babak semifinal, Fajar/Rian kalah 20-22, 21-18, 11-21.

Kunci pertandingan ada pada gim pertama. Fajar/Rian sebenarnya sudah memulai pertandingan dengan baik pada gim pertama. Mereka sudah memimpin jauh dengan 16-9 bahkan hanya butuh tambahan satu angka saja untuk memenangkan pertandingan saat unggul 20-17. Sayangnya yang terjadi justru bisa dikejar lawan dan babak pertama harus berujung adu setting dan berakir dimenangkan lawan.

"Tadi di gim pertamalah yang menjadi kunci nya, kami sudah unggul jauh tapi kemudian dikejar oleh mereka. Saya sempat menyayangkan juga, keputusan hakim servis yang menggagalkan servis saya, karena dengan servis yang sama pun dari awal gim tidak pernah di fault, tapi justru di poin kritis di 20-17 akhirnya saya terkena fault. Namun ya keputusan hakim servis adalah bulat dan kami harus terima itu, namun yang saya sayangkan, jika dengan servis saya yang seperti itu dinyatakan fault, seharusnya dari awal gim sudah dinyatakan fault. Tapi ya saya tidak apa-apa, ini bukan alasan atas hasil pertandingan kami. Kekalahan hari ini adalah karna mereka bermain lebih baik dari kami, terutama pada servis dari mereka yang menggunakan teknik servis panjang ataupun flick serve yang membuat kami kesulitan dalam mengembalikan bola," tutur Fajar seperti yang dikutip dari sumber tim Humas dan Media PP PBSI.

"Hal senada pun disampaikan oleh Rian. "Sependapat dengan apa yang disampaikan Fajar tadi, kuncinya memang terletak di gim pertama, kami sudah merasa nyaman dengan pola main kami, namun ya kembali lagi, kami belum berhasil merebut kemenangan di gim pertama, tapi tentu semua ini akan terus kami jadikan sebuah pelajaran, memang di hasil evaluasi kami akhir-akhir ini, pada poin-poin krusial kami belum bisa memanfaatkan momen ini, namun disamping itu semua, kami tetap bersyukur apapun hasilnya dan kita harus melakukan evaluasi kembali buat kedepannya," ucap Rian.

Babak final ganda putra akan menggelar pertandingan “The Real Final”. Unggulan pertama dan kedua akan saling bertemu di babak puncak. Ganda tuan rumah Denmark, Kim/Anders yang menjadi unggulan kedua akan berhadapan dengan unggulan pertama dari China Liang Wei Keng/Wang Chang. (AR)