Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > Jelang Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011
17 Februari 2011
Jelang Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011
 
 

Pagelaran akbar bulutangkis akan segera dimulai. Genderang perang mulai di tabuh masing-masing klub besar yang ada di Indonesia. Djarum Superliga Badminton Indonesia 2011, kejuaraan yang menggunakan format beregu ini akan berlangsung dari tanggal 20 Februari sampai 26 Februari 2011. Berbeda dengan kejuaraan yang pernah ada, pada Djarum Superliga Badminton Indonesia, setiap klub di perbolehkan membawa pemain dari luar klubnya. Dan bukan hanya pemain dalam negeri, pemain luar negeri pun diperbolehkan membela klub yang mengontraknya.

Tim bulutangkis putra PB Djarum akan mengirim seluruh pemain terbaiknya pada kejuaraan yang akan berlangsung di Surabaya, Jawa Timur. Dionysius Hayom Rumbaka kali ini dipercaya memimpin pasukan PB Djarum. Pemain yang memiliki peringkat 21 dunia ini menjadi tunggal utama andalan PB Djarum. Andre Kurniawan Tedjono yang berada di peringkat 47 dunia akan menjadi tunggal kedua. Di peringkat ketiga bertengger Arif Gifar Ramadhan, disusul Bandar Sigit Pamungkas serta pemain remaja Riyanto Subagja, Shesar Hiren Rustavito dan Nugroho Andi Saputro.

Mohammad AhsanPB Djarum di barisan ganda juga mengeluarkan seluruh amunisinya. Pemain-pemain yang besar dari klub yang berpusat di kota Kudus ini turut membawa serta sejumlah atlet yang masih aktif di pemusatan latihan nasional (Pelatnas). Sebut saja Mohammad Ahsan, Muhammad Ulinuha, Afiat Yuris Wirawan, Yohanes Rendy Sugiarto, Fran Kurniawan. Tim PB Djarum semakin solid dengan bergabungnya mantan-mantan pemain pelatnas seperti Yonathan Suryatama Dasuki, Rian Sukmawan, serta Rendra Wijaya.

Tantangan terberat akan datang dari klub yang berasal dari Jawa Barat, SGS. Tim yang diperkuat Taufik Hidayat, pemain berperingkat tertinggi di Indonesia, akan semakin lebih kuat dengan bergabungnya pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei dari Malaysia. Berbaris sesudahnya Tomi Sugiarto, Alamsyah Yunus serta Senatria Agus. Di deretan ganda, selain menghadirkan Flandy Limpele, Hendra Aprida Gunawan, Andika Anhar serta Yoga Uki Kasah, SGS melengkapi kekuatannya dengan mendatangkan pemain spesialis ganda asal singapura Hendri K Saputra dan Chaiiyuth Triyachart. Tugas berat bagi Hayom dan Andre karena harus menghadapi pemain tunggal terbaik dunia.

Tantangan lain akan datang dari klub tuan rumah Suryanaga. Bercokol di tunggal putra pemain lokal yang juga masih berlabel Pelatnas, Sony Dwi Kuncoro. Dua pemain import asal Hongkong akan menambah kekuatan. Hu Yun, pemain berperingkat ke 16 dunia akan bersama dengan Yan Kit Chan yang saat ini menempati urutan 45 dunia. Kekuatan ganda putra Suryanaga bisa menjadi batu sandungan bagi tim lain, termasuk juga tim PB Djarum. Didalamnya terdapat sejumlah mantan pemain pelatnas Tri Kusharjanto, Bambang Supriyanto serta Alvent Yulianto. Pemain pelatnas macam Rian Agung Saputro serta Christopher Rusdianto menjadi kekuatan tambahan tim. Tak ketinggalan pemain yang biasa bertanding di tingkat Superseries Tri Kusuma Wardhana.

Tim Jaya Raya akan menjadi saingan berikutnya. Tim yang di perkuat oleh peraih medali emas Asian Games Beijing, Markis Kido/Hendra Setiawan ini akan menjadi ancaman yang serius. Pemain senior macam Candra Wijaya serta Joko Riyadi bisa menjadi batu sandungan. Belum lagi sejumlah pemain Pelatnas ganda putra seperti Bona Septano, Rizki Deli Nigraha dan Agripina Prima, turut membela klub yang biasa berlatih di Ragunan ini. Meski sektor tunggal tak sekuat sektor ganda, jika tidak berhati-hati, siapapun akan tergelincir di tangan tim ini.

Batu sandungan juga akan muncul dari Klub Tangkas. Dari daftar pemain, terdapat semifinalis Victor Korea Premier Super Series 2011, Simon Santoso. Dua pemain asing, Nguyen Tien Minh dari Vietnam dan Kashyap Parupalli asal India akan memperkuat barisan tunggal putra. Dua pemain muda seperti Evert Sukamta dan Ary Trisnanto juga turut didaftarkan. Pemain spesialis ganda campuran Nova Widianto, Devin Lahardi juga akan ikut membela klub yang telah membesarkannya. Untuk memberkuat kekuatan di ganda putra, Tangkas mengikutsertakan pasangan asal Malaysia berperingkat 17 dunia Gan Teik Chai/Tan Bin Shen.

Dua klub lainnya Mutiara Bandung dan Musica Fly Power Kudus dan Mutiara Bandung juga perlu diwaspadai. Sejumlah atlet Pelatnas dan mantan atlet Pelatnas berada didalamnya.