Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [Djarum Superliga Badminton 2013] Musica Tantang Tigers di Final
09 Februari 2013
[Djarum Superliga Badminton 2013] Musica Tantang Tigers di Final
 
 

Diluar dugaan dua klub papan atas tanah air gagal melaju ke babak final Djarum Superliga Badminton 2013. PB Tangkas Specs kandas ditangan PB Musica Champion, sedangkan tuan rumah PB Jaya Raya Suryanaga kalah atas Malaysian Tigers.

Dalam laga yang digelar tadi malam (8/2) PB Musica Champion sendiri berhasil memastikan diri terlebih dahulu untuk melaju ke partai puncak. Kemenangan dibuka oleh Tommy Sugiarto yang berhasil mematahkan perjuangan tunggal pertama PB Tangkas Specs, Tien Minh Nguyen. Ia menang 15-21, 21-18, 21-13. Berikutnya angka menjadi milik Tangkas setelah Rian Sukmawan/Rendra Wijaya gagal mengatasi ganda Thailand, Maneepong Jongjit/Nipitphon Puangpuapech 11-21, 21-19, 19-21.

Dua partai berikutnya berhasil kembali dimenangkan oleh PB Musica Champion melalui Lee Hyun Il yang menundukkan Simon Santoso 21-14, 21-19 dan Fran Kurniawan/Hadi Saputra menang atas Marcus Fernaldi Gideon/Wahyu Nayaka Arya Pankarnariya 21-16, 17-21, 21-12.

"Sebetulnya ini diluar dugaan kami bisa lolos ke final, setelah lolos nanti tentu kami akan mencoba memberikan yang terbaik dengan materi pemain yang kami miliki," ujar Effendy Widjaja perwakilan dari Musica.

PB Musica Champion sendiri berkekuatan Lee Chong Wei diawal liga, Lee berencana untuk kembali melakoni laga semifinal dan final, namun sayang Lee tidak bisa kembali ke Surabaya karena memiliki kesibukan jelang imlek.

"Lee sudah kami pastikan tidak akan hadir, karena memang kami tidak menyangka bisa masuk final. Kami sudah berusaha untuk membicarakan hal ini, tapi kesibukan Lee di negerinya jelang imlek membuatnya tak mungkin kembali ke Surabaya," lanjut Effendy.

Sementara dari kubu Tigers sendiri sepertinya mereka belum puas hanya menjadi finalis. Mereka targetkan untuk bisa membukukan catatan terbaik. "Belum menjadi juara ya kami belum puas," ujar Hendrawan.

Tigers menyusul Musica ke final setelah menyingkirkan tuan rumah dalam lima partai. Adalah Mohammad Arif Abdul Latif yang menjadi penentu kemenangan Tigers, atlet berusia 24 tahun itu berhasil mengalahkan Wong Wing Ki.

Di paruh awal game pertama, Arif kerap tertinggal, tetapi kemudian ia berhasil membalik keadaan dan membawa Tigers ke final dengan membungkam Wong 23-21, 21-16.

"Di awal game saya terlalu banyak menyerang terlebih dahulu, tapi setelah interval saya mencoba untuk bertahan sebelum akhirnya balik menyerang," ujar Arif.

Kekuatan Musica sendiri bertumpu di sektor tunggal, sementara ganda Malaysia menjadi cukup kuat di dua laga terakhir. Mereka kerap memetik angka dari nomor ganda.

"Musica memang tidak terlalu mengandalkan nomor ganda, tapi Rian/Rendra sepertinya tetap memiliki peluang, dan kami pun lolos ke final setelah berhasil mencuri kemenangan di sektor ini," tutur Effendy.

Pertandingan nanti pun akan disiarkan langsung oleh Trans 7 mulai pukul 14.00 WIB atau melalui live streaming di djarumbadminton.com. (IR)