Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN NASIONAL > [PON XXI Aceh-Sumut 2024] Kantongi 5 Emas, Jawa Tengah Juara Umum Bulutangkis
19 September 2024
[PON XXI Aceh-Sumut 2024] Kantongi 5 Emas, Jawa Tengah Juara Umum Bulutangkis
 
 

Jawa Tengah sukses keluar sebagai juara umum cabang olahraga bulutangkis di PON XXI Aceh-Sumut 2024. Berlangsung di GOR PBSI Sumut, tim Jawa Tengah mengantongi lima medali emas, tiga perak dan dua perunggu, dari tujuh nomor pertandingan yang dimainkan.

Dua medali emas didapat Jawa Tengah dari nomor beregu putra dan beregu putri. Sementara tiga emas lain didapat dari nomor perorangan melalui Richie Duta Richardo (tunggal putra), Sausan Dwi Ramadhani (tunggal putri) dan Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma (ganda putri).

“Alhamdulillah dan kami patut bersyukur atas pencapaian ini. Saya atas nama Ketua Umum Pengprov  PBSI Jawa Tengah mengucapkan banyak terima kasih kepada tim Jawa Tengah pada PON XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara, yang telah secara maksimal dari mulai persiapan hingga selesai final hari ini. Usaha dan latihan keras tidaklah sia-sia,” kata Basri Yusuf, Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Kamis (19/9).

“Semoga perolehan ini tidak membuat para atlet puas sampai di sini. Namun perjuangan atlet kedepannya masih panjang dalam mewujudkan impian menjadi atlet dunia dan target turnamen yang lebih besar seperti Kejuaraan Dunia Junior, Kejuaraan Dunia, SEA Games, Asian Games dan Olimpiade,” lanjut Basri.

“Saya ucapkan kepada KONI Jawa Tengah atas kepercayaan yang diberikan. Terima kasih kepada Djarum Badminton Club, karena semua atlet Jawa Tengah saat ini diwakili oleh Djarum,” jelas Basri.

Richie menduduki podium teratas usai memenangkan ‘perang saudara’ dengan Mohammad Zaki Ubaidillah di babak final. Meski sempat tertinggal di game pertama, Richie akhirnya menang dengan skor akhir 10-21, 21-18, 21-14.

Final sesama Jawa Tengah juga tercipta di ganda putri. Unggulan pertama, Ardita Anjani/Titis Maulida Rahma berhasil menang 21-14, 21-17 dari rekannya, unggulan dua, Bernadine Anindya Wardana/Velisha Christina.

Di tunggal putri, Sausan tampil gemilang dengan menghadang langkap wakil Jawa Timur, Aurelia Salsabila. Sausan menang straight game dengan skor 21-17, 21-18.

Sektor ganda campuran juga mengirimkan wakilnya ke babak final, yaitu Michael Owen/Bernadine Anindya Wardana. Namun sayang keduanya harus puas dengan medali perak, setelah kalah 21-16, 23-25, 11-21 dari Muhammad Rafi Alayman Jafar/Farica Abela (Jawa Barat).

Terakhir, dua medali perunggu berhasil dikantongi oleh tunggal putri, Aura ihza Aulia dan Muhammad Voyage Afrisal Mahendra/Velisha Christina dari sektor ganda campuran. (NAF)