Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > [Jelang Audisi Umum PB Djarum 2023] Semangat Zaki Irawan Untuk Menempuh Impian di PB Djarum
18 Maret 2023
[Jelang Audisi Umum PB Djarum 2023] Semangat Zaki Irawan Untuk Menempuh Impian di PB Djarum
 
 

Menjelang hari - hari awal pembukaan Audisi Umum PB Djarum 2023, bibit-bibit pebulutangkis yang ingin menorehkan prestasi di olahraga ini mulai bermunculan. Tak lama setelah pendaftaran dibuka, berbondong-bondong orang pun mulai memasuki proses menempuh cita-cita sebagai pebulutangkis profesional.

Begitu juga dengan kisah seorang pebulutangkis muda satu ini. Seorang anak laki-laki bernama Lalu Abdurrasyid Zaki Irawan, kelahiran Lombok Timur sudah berinisiatif dengan cepat untuk menempuh karir cita-citanya di kategori U-13. Berasal dari Desa Dasan Lekong, Sukamulia, NTB, anak kelahiran tahun 2011 ini ternyata sudah pernah mendaftarkan diri untuk audisi tahun lalu, namun pada saat itu berhalangan hadir, sehingga mengakibatkan Zaki untuk menunda angannya terlebih dahulu.

Melalui website beserta informasi dari temannya di Lombok, Ayah Zaki pun tidak ragu-ragu untuk menyanggupi impian anaknya yang sudah bermain bulutangkis ketika masih duduk di bangku kelas 3 SD. “Setelah dapat informasi itu ketika dibuka tanggal 15 Maret, saya langsung daftar,” ujar Gunawan. Sedari umur 8 tahun, Zaki terus mengasah kemampuannya selama 3 tahun hingga tiba saatnya untuk melangkah lebih lanjut lagi dalam karir bulutangkisnya.

Awalnya memang saya yang mengarahkan, karena saya hobi main bulutangkis, dan dulu saya otodidak alias tidak berlatih di klub. Kebetulan di sini sekarang sudah banyak klub bulutangkis dan saya mendaftarkan Zaki ke klub bulutangkis. Sekarang Zaki sangat serius ingin menjadi atlet bulutangkis dan bermimpi ingin menjadi atlet PB Djarum,” sang ayah menjelaskan.

Tidak hanya sekedar hobi, Zaki pun telah menorehkan beberapa prestasi gemilang dalam karir awalnya, yakni Juara 3 O2SN Tingkat Kota dan 8 Besar O2SN Tingkat Provinsi NTB. Sebagai atlet, tentunya Zaki tidak akan puas hanya berhenti sampai di situ. Besar harapannya bagi Zaki untuk dapat terus meningkatkan kemampuan bermainnya dalam Audisi Umum PB Djarum 2023 ini.

Mengenai hal tersebut, sang ayah pun bersikap tetap percaya teguh terhadap kemampuan anaknya. “Soalnya kita tahu kemampuan pelatih PB Djarum sudah tidak diragukan lagi. Memang pasti berat persaingan untuk bisa lulus audisi, tapi mudah-mudahan saja kita coba dulu,” ucap Gunawan.

Tidak berhenti sampai di situ, kolaborasi anak dan ayah pun tetap berperan penting dalam keberhasilan lolos dalam audisi kali ini. Gunawan selalu mengingatkan Zaki untuk terus menempa latihannya sebagai persiapan diri jelang memasuki tahap audisi di bulan Juli mendatang.

Persiapannya dari kemarin, saya selalu memberi tahu Zaki jika kamu ingin berhasil, harus latihan juga di rumah, kalau tidak mau latihan di rumah dan hanya mengandalkan di tempat latihan saja itu sulit. Jadi, mulai saat itu Zaki rajin melakukan tambahan latihan di rumah seperti skipping dan shadow. Saya lihat keinginan Zaki besar sekali,” papar Gunawan.

Untuk mengikuti Audisi Umum PB Djarum 2023, para calon peserta dapat mendaftarkan diri secara daring melalui laman https://pbdjarum.org/klub/beasiswa-bulutangkis/ yang telah dibuka mulai 15 Maret 2023.