Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > Pelatih Buka Suara Tentang Performa Para Peserta di Tahap Karantina
04 Agustus 2023
Pelatih Buka Suara Tentang Performa Para Peserta di Tahap Karantina
 
 

Selama penilaian seleksi karantina tahap pertama Audisi Umum PB Djarum 2023, sebanyak 26 atlet peserta yang tersaring berhasil menempatkan diri di tahap kedua yang berlangsung hingga hari ini, Jumat (4/8).

Salah satu coach putra, Bandar Sigit Pamungkas memaparkan bahwa dari teknik, skills, dan mental pertandingan yang dibutuhkan dari para peserta sudah sangat memenuhi standar. Dari segi permainan, para atlet memang sudah harus tergolong cukup terasah untuk bisa lolos ke seleksi tahap kedua ini.

“Walaupun begitu, beberapa peserta juga sebenarnya cukup banyak yang kesulitan sehingga terkena batuk pilek pada tahap awal karantina. Jadi ada yang harus berobat dan tidak latihan juga, sehingga ada yang tertinggal program-program latihan yang dijalani,” jelas Ellen.

Coach putri, Ellen Angelinawaty juga memaparkan bahwa daya tahan fisik menjadi salah satu hal penilaian dalam seleksi kedua tahap karantina dan terbukti melalui sakit-sakit ringan yang mereka alami, dibutuhkan peningkatan dari segi fisik. Walaupun hal tersebut tidak menutup banyak kemungkinan yang disebabkan oleh lelah mengikuti audisi, kondisi cuaca, jauh dari orang tua, dan sebagainya.

“Para peserta sejauh ini bisa dengan baik mengikuti program latihan yang disuguhkan, walaupun ada beberapa masalah tersendiri baik dari kekuatan dan fisik, faktor perubahan pola latihan dari klub lama juga bisa berpengaruh,” tutur Bandar mengenai performa atlet audisi terhadap program latihan PB Djarum.

“Perjuangan belum berhenti sampai selesai karantina saja, jadi teruslah jangan lengah dan jadikan hal ini sebagai batu loncatan tersendiri untuk melaju lebih pesat di karir bulutangkisnya. Latihan harus lebih semangat dan giat lagi, karena program latihannya tentu akan berbeda dan pertandingan yang akan diikuti juga lebih padat. Sehingga harus selalu siap mental dan fisik juga,” tegas Bandar.

“Untuk yang belum lolos, lebih semangat lagi dan motivasi diri terus bahwa ini bukanlah akhir dari segalanya. Jangan ke mana-mana dan ditunggu kehadirannya di audisi yang akan datang,” tutup kedua coach.

Pengumuman para peserta yang lolos menjadi atlet PB Djarum akan diumumkan besok, Sabtu (5/8), di GOR Badminton Djarum, Kudus.