Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Hall of Fame PB Djarum] Rudy Gunawan
15 November 2020
[Hall of Fame PB Djarum] Rudy Gunawan
 
 

Di era tahun 1980 hingga tahun 1990an, legenda bulutangkis yang satu ini cukup terkenal di mata para pencinta bulutangkis Indonesia. Legenda kelahiran asal Solo, Jawa Tengah tahun 1966 ini, merupakan salah satu pemain ganda terbaik yang pernah dimiliki Indonesia.

Legenda itu bernama Rudy Gunawan. Bicara soal prestasi sudah tak diragukan lagi, Rudy sudah banyak menjuarai berbagai kejuaraan Internasional. Baik dalam sektor ganda putra mau pun ganda campuran.

Di sektor ganda putra, Rudy pernah bersanding dengan Eddy Hartono, Bambang Suprianto dan Ricky Subagja. Sedangkan di sektor ganda campuran, Rosiana Tendean menjadi pasangan Rudy. Bersama Rosiana, Rudy pernah menjadi juara di Invitasi Piala Dunia sebanyak tiga kali beruntun yaitu tahun 1990, tahun 1991, dan tahun 1992.

Masih di sektor ganda campuran, Rudy juga merasakan dua kali juara di Indonesia Open pada tahun 1990 dan tahun 1993. Tak sampai di situ, di sektor ganda putra Rudy juga pernah tiga kali juara di Indonesia Open tahun 1989, tahun 1992, dan tahun 1995.

Rudy pun dua kali berlaga di kejuaraan bergengsi Olimpade. Pada tahun 1992 Olimpiade Barcelona. Kala itu Rudy dan Eddy Hartono memperoleh medali perak setelah di final kalah dari pasangan legenda Korea Park Joo Bong/Kim Moon Soo. Kemudian di Olimpade 1996 Atlanta, ketika Rudy berpasangan dengan Bambang. Langkahnya hanya sampai di babak 16 besar.

Selain di sektor perorangan, Rudy juga merasakan euforia kemenangan di kejuaraan beregu kala tim Indonesia menjadi juara Piala Thomas pada tahun 1994 dan tahun 1996 serta menjadi juara Piala Sudirman di tahun 1989. Setelah pensiun dari dunia bulutangkis, Rudy lebih memilih menetap di negara Amerika Serikat.(ds)