Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Hall of Fame PB Djarum] Denny Kantono
18 November 2020
[Hall of Fame PB Djarum] Denny Kantono
 
 

Legenda bulutangkis yang satu ini pernah merasakan sebagai peringkat satu dunia. Beliau memiliki nama Denny Kantono atau rekan-rekannya memangilnya Yu Ming. Legenda kelahiran Samarinda Kalimatan Timur tahun 1970 ini, turun di sektor ganda putra yang berasal dari atlet binaan klub PB Djarum.

Bersama rekannya Antonius Budi Ariantho, Denny pernah bertengger di peringkat satu dunia atas keberhasilan mereka menjuarai beberapa kejuaraan tingkat internasional. Berawal pada tahun 1993, Denny dan rekannya Antonius mencatat kemenangan hingga meraih gelar juara di turnamen Polish Open dan France Open.

Denny pun pernah merasakan menjadi kampiun di Kejuaraan Dunia sebanyak dua kali yaitu di tahun 1995 dan tahun 1999. Namun sangat disayangkan, kala di kejuaraan event bergengsi terbesar di dunia yaitu Olimpiade Atlanta 1996, Denny kalah bersaing dan harus puas hanya mendapat medali perunggu.

Selain turun di kejuaraan perorangan, Denny dan Antonius juga pernah memperkuat tim Indonesia di kejuaraan beregu. Mereka berhasil meraih medali emas di kejuaraan SEA Games 1995. Bukan hanya itu saja, Denny pun juga merasakan euforia kemenangan kala tim Indonesia merebut Piala Thomas pada tahun 1996 dan tahun 2000.

Setelah tak lagi menjadi pemain bulutangkis, Denny mengabdikan dirinya menjadi pelatih di PB Djarum selama delapan tahun. Hingga akhirnya memutuskan untuk keluar dan berkonsentrasi mengembangkan bisnisnya. (ds)