Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Hadibowo, Salah Satu Pahlawan Piala Thomas 1984
29 Juli 2020
Hadibowo, Salah Satu Pahlawan Piala Thomas 1984
 
 

Sejak dulu hingga saat ini, nama PB Djarum dikenal luas sebagai klub bulu tangkis yang paling banyak mempunyai pemain hebat. Dari klub yang bermarkas di Kudus dan Jakarta ini, tidak sedikit legenda bulu tangkis Tanah Air yang lahir.

Salah satunya adalah Hadibowo. Ia merupakan salah satu pahlawan merah putih yang mampu menyabet Piala Thomas 1984 di Kuala Lumpur. Tak hanya sukses di ajang beregu, mantan pemain kelahiran Tegal, 4 Juli 1958 itu, juga tercatat pernah meraih sukses bersama Christian Hadinata, dengan menjuarai Thailand Terbuka, Indonesia Terbuka, dan Belanda Terbuka.

Puncaknya, duet Hadibowo/Christian memenangkan gelaran Piala Thomas 1984. Mereka ikut mengantarkan Indonesia menjajakan kaki ke podium tertinggi, setelah mengatasi China 3-2 dalam pertandingan di Stadium Negara, Kuala Lumpur.

Baca juga : David Pohan, Mengantar Indonesia Juara

Kala itu, Indonesia tertinggal 1-2 lawan China setelah Liem Swie King dan Icuk Sugiarto dikalahkan Luan Jin dan Yang Yang. Namun Hadibowo/Christian yang turun sebagai ganda pertama, justru tampil tenang dan mampu menyamakan kedudukan 2-2 setelah mengalahkan He Sangquan/Jiang Guoliang, 18-14, 15-10.

Selain berpasangan dengan Christian, Hadibowo juga pernah berduet dengan Liem Swie King pada SEA Games Singapura 1983. Sebelumnya, ia sempat berganti-ganti pasangan dengan Bobby Ertanto, Hafid Yusuf, Heryanto Saputra, hingga Eddy Hartono. Namun, prestasinya paling moncer kala berpasangan dengan Christian.

Kini nama Hadibowo hanya meninggalkan kenangan manis dari berbagai prestasinya. Salah seorang pahlawan bulu tangkis Indonesia itu telah tutup usia karena sakit pada Selasa, 7 Juli 2011 silam. (ah)

Baca juga : Kiprah Tim Beregu Indonesia Di AJC