Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Hall of Fame PB Djarum] Debby Susanto
30 November 2020
[Hall of Fame PB Djarum] Debby Susanto
 
 

Debby Susanto adalah salah satu mantan pemain bulutangkis di sektor ganda campuran asal binaan klub PB Djarum. Debby yang memiliki tinggi badan 161 cm itu mulai bergabung dengan PB Djarum pada tahun 2006.

Pada debut pertamanya, Debby berhasil mencetak kejutan dengan keluar sebagai juara di kejuaraan tingkat nasional yaitu Kejuaraan Nasional (Kejurnas) tahun 2006.

Lalu di usianya yang ke 18 tahun, Debby yang juga turun di sektor ganda putri itu berhasil menjadi yang terbaik dengan meraih gelar juara di kejuaraan Asian Junior Championship 2007. Kala itu Debby berpasangan dengan Richi Puspita Dili. Tak hanya itu saja, Debby juga merasakan menjadi juara ganda putri bersama Pia Zebadiah Bernadet pada kejuaraan Vietnam Internasional Challenge 2009.

Di sektor ganda campuran, Debby yang berpasangan dengan rekan satu klubnya Muhammad Rijal pernah bertengger di peringkat enam dunia. Bersama Rijal, Debby pernah merasakan dua kali menjadi kampiun yaitu di kejuaraan Taiwan Open 2012 dan medali emas di kejuaraan Southeast Asian Games 2013. Selebihnya Debby dan Rijal hanya mampu menjadi runner up di beberapa kejuaraan berlevel Grand Prix dan Grand Prix Gold.

Setelah tak bersama Rijal, pada tahun 2014 Debby dipasangkan dengan juniornya di PB Djarum yaitu Praveen Jordan. Saat bersama Jordan, Debby juga masuk dalam peringkat lima besar pasangan campuran terbaik di dunia.

Kala itu Debby dan Jordan hanya mampu mengemas empat kali menjadi juara dan tujuh kali runner up. Bahkan pada tahun 2016, Debby dan Jordan berhasil menjadi yang terbaik di kejuaraan bergengsi tertua yaitu All England Open. Setelah 17 tahun mengabdi pada bulutangkis Indonesia di awal tahun 2019 Debby memutuskan pensiun menjadi pemain.(ds)