Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Peluang Mohammad Ahsan/Bona Septano Terbuka
26 April 2011
Peluang Mohammad Ahsan/Bona Septano Terbuka
 
 

Tanpa kehadiran pemain-pemain China di ganda putra dan beberapa pemain 10 besar dunia pada turnamen India Open Super Series 2011, membuat peluang pemain Indonesia terbuka lebar. Saingan utama hanya datang dari pasangan Malaysia yang saat ini menghuni peringkat tiga dunia Koo Kean Keat/Tan Boon Heong.

Pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano terhindar satu grup dengan pasangan Malaysia tersebut. Di unggulkan di tempat kedua, Juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini berada di paruh undian bawah bersama dua pasang ganda putra Indonesia lainnya, yakni pasangan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra dan Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan. Sementara itu Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan berjuang sendiri di paruh undian atas.

Pasangan Mohammad Ahsan/Bona Septano langsung berada pada babak kedua setelah mendapat bye di babak pertama. Di babak kedua akan menghadapi pemenang antara pasangan Indonesia lainnya Angga Pratama/Ryan Agung Saputra melawan Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol. Menghadapi kedua pasangan ini di babak kedua, Ahsan/Bona masih mempunyai rekor pertemuan yang bagus. Dengan Angga Pratama/Ryan Agung Saputra, sekali menang pada kejuaraan Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 lalu. Sementara dengan pasangan Thailand, kedudukan saat ini masih di pegang Ahsan/Bona dengan 2-1. Jika bisa melaju, kemungkinan akan bertemu unggulan keenam asal Jepang Naoki Kawamae/Shoji Sato. Pertemuan kedua pasangan ini diperkirakan akan berlangsung ramai. Kedua pasangan ini belum pernah bertemu di turnamen manapun.

Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan menjadi satu-satunya pasangan Indonesia yang berada pada paruh undian atas akan mengawali babak pertama dengan menghadapi pasangan dari India Pranav Chopra/Tarun Kona. Berdasarkan peringkat undian badan bulutangkis dunia, pasangan India ini mempunyai peringkat jauh di bawah pasangan Indonesia. Saat ini pasangan Indonesia berada di peringkat 42 dunia sementara pasangan India berada pada 82 dunia. Semestinya pasangan Indonesia bisa melalui pasangan India ini meski babak pertama India Open Super Series 2011 ini menjadi pertemuan pertama mereka. Seandainya bisa menang, kembali di babak kedua mereka akan menghadapi pasangan India lainnya yakni Rupesh Kumar/Thomas Sanave untuk kedua kalinya. Pada kejuaraan tahun lalu yang masih berstatus Grand Prix Gold, pasangan Indonesia kalah melalui pertarungan rubber game. Seandainya mereka kembali bertemu, maka inilah saat yang tepat bagi pasangan Indonesia membalas atas kekalahan mereka.

Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan yang menempati posisi unggulan ketiga dan berada di pool bawah juga bisa langsung meluncur ke babak kedua setelah mendapat bye di babak pertama. Di babak kedua, pasangan Indonesia ini masih menunggu pemenang antara pasangan India Ustav Mishra/Ravinder Sigh melawan pasangan Malaysia Mohd Zakry Abdul Latif/Thien How Hoon. (AR)