Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rendy/Afiat Melaju ke Perempat Final
26 Agustus 2011
Rendy/Afiat Melaju ke Perempat Final
 
 

Pasangan PB Djarum unggulan kedelapan di Vietnam Open Grand Prix 2011, Yohanes Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan berhasil melaju ke perempat final setelah mengalahkan pasangan Malaysia Low Juan Shen/Jagdish Singh, kemarin (25/8). Lawan selanjutnya adalah tombak utama Singapura yang menjegal unggulan keempat.

Rendy/Afiat menang meyakinkan 21-11 dan 21-16 atas Low/Jagdish, hanya dalam kurun waktu 20 menit. Pendeknya waktu pertandingan tersebut menguntungkan bagi Rendy/Afiat karena mereka perlu istirahat dan persiapan lebih untuk menghadapi lawan mereka di perempat final esok, Chayut Triyachart/Danny Bawa Chrisnanta. Kedua pasangan ini pernah bertemu di babak kualifikasi Indonesia Open Premier Super Series tahun lalu dan berakhir dengan kemenangan Chayut/Danny, 21-16 dan 21-17.

Pasangan Indonesia lainnya juga ada yang melaju ke perempat final. Mereka adalah Angga Pratama/Rian Agung Saputra (unggulan kelima). Setelah mengalahkan wakil Singapura, Terry Yeo/Liu Yi dengan skor 21-16 dan 21-17, selanjutnya mereka akan bersua Naoki Kawamae/Shoji Sato dari Jepang. Di turnamen ini, Naoki/Shoji adalah pasangan unggulan kedua dan memiliki beberapa catatan prestasi seperti menjuarai Russian Open Grand Prix 2011 dan menjadi runner up di Australian Open Grand Prix Gold 2011.

Perempat final ganda putra diikuti oleh Indonesia, Jepang, dan Malaysia dengan masing-masing dua wakil, dan dua kursi tersisa terbagi ke Singapura dan Taipei. Chayut Triyachart/Danny Bawa Chrisnanta adalah satu-satunya pasangan non-unggulan di babak perempat final.

Tak Bersisa di Tunggal Putri

Partai tunggal putri Indonesia kembali tak bersisa setelah Hera Desi Ana Rachmawati dan Aprillia Yuswandari kalah di babak kedua kemarin. Hera kalah 18-21 dan 14-21 setelah berjuang keras selama 42 menit untuk mempersulit Fu Mingtian (Singapura). April bahkan kalah tipis 18-21 dan 19-21 dari juara Indonesia Challenge tahun ini, P. V. Sindhu (India) setelah berjibaku selama 33 menit.

Di babak perempat final tunggal putri, terlihat bahwa India dominan dengan tiga wakil. Salah satu dari tiga wakil tersebut adalah Arundhati Pantawane yang ditarik masuk ke babak utama dari babak kualifikasi karena ada pemain yang mundur. Arundhati pun tidak menyia-nyiakan peluang tersebut. Di babak pertamanya, ia melumpuhkan unggulan kelima asal Singapura, Gu Juan lalu kemarin ia kembali membuat kejutan dengan kemenangan tipis 23-21 dan 21-19 atas salah satu pemain andalan utama Malaysia, Tee Jing Yi.
Selain itu, di perempat final juga terdapat Hwang Hye Youn (Korsel) yang juga ditarik masuk seperti Arundhati, dan Ayumi Mine (Jepang) yang benar-benar merangkak dari babak kualifikasi. Hwang adalah penjegal Lydia Cheah (Malaysia) dan Xing Aiying (Singapura), sedangkan Ayumi adalah penjegal Maria Febe Kusumastuti dan wakil tuan rumah, Vu Thi Trang. (DC)