Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Apik Pernah Ikut Ajang Audisi Umum Djarum
05 April 2020
Apik Pernah Ikut Ajang Audisi Umum Djarum
 
 

Pada akhir bulan April 2016 lalu, pebulutangkis ganda putri asal kelahiran kota Tanggerang Apik Sukma Sarasmita resmi bergabung dengan klub PB Djarum.

Ketika dihubungi tim pbdjarum.org, Apik kelahiran bulan Maret 2004 itu bercerita kalau dirinya pernah mengikuti ajang Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis tahun 2016 lalu, kala itu diselenggarakan di kota Bandung Jawa Barat.

Namun sayang, langkah Apik hanya bisa tembus ke tahapan turnamen di babak 16 besar. Beruntungnya, Apik dihampiri oleh tim pencari bakat dan menganjurkan untuk langsung datang ke klub PB Djarum yang berada di Jakarta.

"Waktu itu, usia saya masuk 12 tahun di 2016 lalu. Ikut Audisi Umum Djarum di kota Bandung tetapi hanya bertahan di 16 besar. Dan saya bertemu dengan Koh Christian Hadinata dan Koh Antonius Budi Ariantho. Beliau jumpa dengan orang tua saya untuk menyarankan test langsung di Jakarta selama dua minggu. Alhamdulillah, akhir bulan April 2016 lalu saya dinyatakan lulus test dan masuk klub PB Djarum," ucap pebulutangkis ganda remaja putri.

Ketika ditanya kenapa memilih masuk klub PB Djarum dibanding dengan klub besar lainnya, Apik menjawab kala itu ia tak tahu jika ada klub besar lainnya.

"Ya, nggak tahu ada klub lain, saya hanya tahunya klub Djarum dan memang cita-cita dari kecil ingin masuk klub Djarum. Lagi pula fasilitas di Djarum terjamin dan atletnya juga banyak yang berhasil serta terkenal," tutur Apik.

Ternyata, ketertarikan Apik terhadap olahraga tepok bulu ini bermulai dari Apik mencoba bermain kala mengantarkan kakaknya (Jungjung Adil Wibowo) berlatih bulutangkis dilapangan.

"Saat umur enam tahun, saya ngantar kakak latihan di lapangan. Saya coba-coba lama-lama jadi suka, eh malah keterusan jadi hobby. Tetapi masuk klub itu mulai umur sembilan tahun fokus latihan sampai pindah-pindah klub kecil di Tangerang." ujarnya lagi.

Hingga saat ini, Apik masih menjadi pebulutangkis PB Djarum. Memang prestasi terbaik Apik hanya menjadi runner up dan semifinalis di beberapa turnamen pada tahun 2018 lalu. (ds)