Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Pemain Putri Tiongkok di Indonesia Open
29 Juni 2020
Pemain Putri Tiongkok di Indonesia Open
 
 

Sudah menjadi rahasia umum jika para pemain putri Tiongkok sering mendominasi kejuaran bulu tangkis di berbagai turnamen. Di Indonesia atau tepatnya pada kejuaraan Indonesia Open, pemain putri Tiongkok  begitu mendominasi. Ibarat bawang merah, lapisan mereka begitu banyak. Tidak hanya satu nama yang bisa berdiri di podium tertinggi di tengah keangkeran kejuaraan ini.

Diantara sekian nama pemain Tiongkok, ada dua nama pemain putri yang prestasinya bersinar dikejuaraan kebanggaan masyarakat Indonesia. Mereka adalah pebulutangkis tunggal putri Li Lingwei dan pemain spesialis ganda Gao Ling.

Li Lingwei yang sempat menjadi ratu bulutangkis putri Tiongkok pernah merajai kejuaraan Indonesia Open di era tahun 80an. Empat kali Li Lingwei berhasil merebut gelar juara. Pertama kali menjuarai kejuaraan di tanah air pada tahun 1984. Lalu untuk kali kedua di tahun 1985.

Gelarnya lepas di tahun 1986 dan berpindah ke rekannya, Shi Wen. Dua tahun berikutnya atau tepatnya pada tahun 1987 dan 1988 Li Lingwei kembali berjaya dengan merebut gelar juara tunggal putri. Nama-nama pemain tunggal putri Tiongkok yang pernah mencicipi juara di Indonesia Open adalah Xie Xinfeng, Ye Zhaoying, Wang Chen, Li Xuerui, Zhu Lin dan lainnya.

Prestasi rekannya, Gao Ling  juga tidak kalah cemerlang. Selain menyandang gelar juara ganda putri bersama dengan Huang Sui, ia juga menjadi kampiun di ganda campuran bersama pasangan tetapnya, Zhang Jun. Gao Ling bahkan lebih bersinar jika dibandingkan pasangan ganda putri Tiongkok lainnya, Ge Fei/Gu Jun.

Gao Ling/Huang Sui dua kali mendapat titel juara ganda putri pada tahun 2002 dan 2003. Gelar juara menjadi lebih lengkap dengan tambahan di ganda campuran dan malah lebih banyak ketimbang ganda putri. Total tiga kali ia mendapatkan gelar bersama dengan Zhang Jun. Pertama kali pada tahun 2004, lalu dua kali berturut-turut pada tahun 2007 dan 2008.

Tiongkok sebenarnya mempunyai pemain handal lainnya di ganda putri, Yu Yang misalnya. Yu Yang pernah tiga kali menjadi juara dengan pasangan yang berbeda. Sebenarnya ia juga piawai bermain di ganda campuran. Hanya saja karirnya di ganda campuran tidak sebaik di nomor ganda putri. Belum pernah sekalipun Yu Yang menjadi juara ganda campuran di Indonesia. (AR)

 

Foto : badmintoncn.com, inews.id