Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Ketua PBSI dari Masa ke Masa] Soerjadi (1993-1997)
23 Oktober 2020
[Ketua PBSI dari Masa ke Masa] Soerjadi (1993-1997)
 
 

Pada era tahun 1993 hingga tahun 1997, kala itu ketua umum PBSI dipimpin oleh purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat berpangkat Letnan Jenderal bernama Soerjadi. Sejak menjabat sebagai ketua umum PBSI, beliau berhasil membawa bulutangkis Indonesia sukses menoreh prestasi-prestasi besar di ajang kejuaraan dunia.

Berkat kepemimpinannya, pada kejuaraan bergengsi dunia Olimpiade Atlanta 1996. Tim Indonesia berhasil memboyong satu emas, satu perak dan dua perunggu. Emas itu dipersembahkan oleh pasangan putra terbaik Indonesia kala itu Rexy Mainaky/Ricky Subagja. Satu perak diraih oleh tunggal putri Mia Audina dan dua perunggu lewat tunggal putri Susy Susanti dan ganda putra Denny Kantono/Antonius Budi Ariantho.

Bahkan di masa kepemimpinan beliau, untuk kali pertama Indonesia mampu mengawinkan kejuaraan Piala Thomas dan Piala Uber sampai dua kali yaitu di tahun 1994 dan tahun 1996. Tak hanya itu, pada kejuaraan dunia tahun 1993 di Inggris, Indonesia mampu meraih tiga gelar juara dari tangan tunggal putra Joko Suprianto, tunggal putri Susy Susanti dan ganda putra Gunawan/Ricky Subagja.

Bahkan dua tahun berikurnya di kejuaraan dunia Swiss tahun 1995, giliran tunggal putra Hariyanto Arbi dan ganda putra Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang menaiki podium juara.

Selain itu, selama kepemimpinan Soerjadi, tercatat pada kejuaraan tertua All England para pemain Indonesia begitu berjaya. Terbukti Susy Susanti berhasil menjadi juara pada tahun 1993 dan tahun 1994. Begitu pun dengan Hariyanto Arbi menjadi juara di tahun 1993 dan tahun 1994. Lalu pasangan Rexy/Ricky juara di tahun 1995 dan tahun 1996.

Bahkan, Indonesia kala itu bergitu berjaya di sektor tunggal putra sampai memiliki tujuh pemain terbaik. Mulai dari Joko Suprianto, Ardy B Wiranata, Bambang Supriyanto, Hermawan Susanto, Hariyanto Arbi, Alan Budi Kusuma dan Fung Permadi.(ds)