Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Kilas Balik Olimpiade 1992] Indonesia Boyong Dua Medali Emas
05 Agustus 2020
[Kilas Balik Olimpiade 1992] Indonesia Boyong Dua Medali Emas
 
 

Tahun 1992 lalu kejuaraan multi cabang bergengsi dunia Olimpiade telah bergulir di Barcelona Spanyol. Kala itu untuk pertama kalinya cabang olah raga bulu tangkis resmi dipertandingkan.

Pada kejuaraan bergengsi dan terbesar dunia itulah, menjadi momen paling gemilang bagi pebulutangkis Indonesia. Pasalnya, Indonesia berhasil memboyong dua medali emas. Berkat dua medali emas tersebut membuat Indonesia kala itu menjadi negara Asia ketujuh yang mampu berada di peringkat ke 24 pada Olimpiade Barcelona 1992.

Adapun ke dua medali emas itu dipersembahkan oleh legenda bulu tangkis Indonesia yang kini menjadi pasangan suami istri yaitu Alan Budikusuma dan Susy Susanti. Untuk meraih emas tunggal putra, Alan harus melakoni laga final perang saudara dengan rekan senegaranya Ardy B Wiranata dalam pertarungan dua game dengan angka akhir, 15-12 dan 18-13.

Sedangkan, emas tunggal putri yang diraih oleh Susy setelah di partai puncak berhasil menundukan wakil Korea Bang Soo-Hyun dalam laga tiga game dengan angka akhir, 5-11, 11-5 dan 11-3.

Selain itu, Indonesia juga menambah medali perak yang dipersembahkan oleh pasangan putra Eddy Hartono/Gunawan. Lalu pebulutangkis Hermawan Susanto juga membawa pulang medali perunggu.

Jadi secara keseluruhan medali yang di dapat oleh Indonesia pada Olimpiade Barcelona 1992 di cabang bulu tangkis yaitu dua medali emas, dua medali perak dan satu medali perunggu. (ds)