Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Aisha, Sang Juara Liga PB Djarum 2020
08 Agustus 2020
Aisha, Sang Juara Liga PB Djarum 2020
 
 

Usianya masih terbilang muda. Bulan Oktober 2020 nanti ia baru menginjak umur 18 tahun. Jika melihat jejak rekam prestasinya di bidang olah raga bulu tangkis, layak disematkan padanya harapan untuk menjadi pemain masa depan. Aisha Galuh Maheswari, demikian remaja yang lahir di Banyumas diberi nama oleh kedua orang tuanya.

Prestasi teranyar darinya adalah menjadi juara tunggal putri pada kejuaraan Liga PB Djarum 2020 yang usai diselenggarakan pada bulan Juli 2020 lalu. Ia menyabet gelar dengan mengalahkan unggulan pertama Desima Aqmar Syarafina dengan straight game, 21-14, 21-19.

Tidak hanya juara di kandang sendiri, iapun pernah mencicipi membawa pulang gelar dari berbagai kejuaraan Sirkuit Nasional (Sirnas) dan kejuaraan internasional.

Pada tahun 2016, Aisha sudah merebut gelar internasional pertamanya di ajang Singapore Youth International Series. Dibabak final U15 ia mengandaskan harapan putri Jepang, Riko Gunji. Ia juga sukses menjadi yang terbaik di kejuaraan USM Flypower Open 2016 pada kelompok umur tunggal pemula putri. Pada kejuaraan Walikota Surabaya Open 2016 ia berhasil menjadi runner up pada kelompok tunggal pemula putri.

Ia juga mencapai posisi kedua pada kelompok umur yang sama di kejuaraan Milo School Competition wilayah V 2016 di Surabaya. Aisha empat kali menduduki posisi semifinalis, masing-masing pada kejuaraan Sirnas Milo School Competition 2016 wilayah II di Cirebon kelompok umur tunggal pemula putri, Sirnas Milo School Competition 2016 wilayah I di Pekan Baru, Riau kelompok umur tunggal pemula putri, Djarum Sirnas Li Ning Jawa Tengah Open 2016 pada kelompok tunggal remaja putri dan Indonesia Junior Grand Prix 2016 pada kelompok tunggal putri U15.

Di tahun 2017, Aisha menyabet gelar di Sirnas Sulawesi Utara Open pada kelompok remaja putri. Di tahun yang sama ia mencoba keberuntungan bertanding di kelas tunggal taruna putri. Hasilnya pun tidak mengecewakan. Ia bisa melesat menjadi runner up diajang Djarum Flypower Walikota Open 2017.

Prestasinya tetap stabil ditahun 2018. Satu gelar juara, satu runner up dan dua semifinalis adalah prestasi terbaiknya. Nama Aisha tercatat sebagai juara tunggal remaja putri pada Djarum Sirnas Premier Jawa Tengah 2018. DiSurabaya atau tepatnya pada kejuaraan Walikota Surabaya International Open 2018, ia mendapat tempat kedua di kelompok tunggal taruna putri. Dua kali babak semifinal mampu ia capai diajang Jaya raya International Junior Grand Prix 2018 pada kelompok tunggal putri U17 dan sempat empat besar juga, ia capai di ajang Djarum Sirnas Premiere Jawa Tengah Open 2018 pada kelomppok tunggal remaja putri.