Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Susy Yang Terbaik
20 Juni 2020
Susy Yang Terbaik
 
 

Indonesia boleh bangga memiliki pebulutangkis putri Susy Susanti. Pemain kelahiran Tasikmalaya ini, berulang kali mengharumkan nama Indonesia di kancah bulu tangkis dunia. Melalui tangannya pula, Indonesia bisa mendapat medali emas pertama di ajang bergengsi Olimpiade.  Susy mempersembahkan medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992.

Di kejuaraan bulu tangkis bergengsi All England, nama emas Susi lebih mengkilap jika dibandingkan dengan para pemain dari Tiongkok. Empat kali namanya tertulis dalam daftar peraih gelar All England. Ia masih lebih baik dari para mantan ratu bulu tangkis Tiongkok seperti Li Lingwei, Han Aiping,  Ye Zhaoying dan Xie Xinfang.

Susy juga menjadi peraih gelar terbanyak dalam kejuaraan bulu tangkis Indonesia Open. Susy merajai kejuaraan kebanggaan masyarakat Indonesia dengan memborong enam gelar juara di era tahun 90-an. Susy hanya bisa dekati oleh Li Lingwei yang mendapat empat gelar juara. Gelar pertama Susy di Indonesia Open diperoleh pada tahun 1989. Sayangnya di tahun 1990 Susy gagal merebut gelar kedua usai dikalahkan pemain Korea Lee Young Suk di babak final dengan 11-1, 8-11, 4-11.

Susy kembali menjadi kampiun di tahun 1991 untuk yang kedua kalinya. Gelar di tahun 1992 dan 1993 lepas ke tangan pemain Tiongkok Ye Zhaoying. Tetapi kemudian Susy membuat hattrick dengan merebut gelar juara empat kali berturut-turut dari tahun 1994  sampai 1997.

Usai Susy, masih sempat ada tiga penerusnya yang mampu menjadi juara. Mia Audina membukukan diri sebagai juara pada tahun 1998 lalu Lydia Djaelawijaya pada tahun 1999. Pemain asal PB Djarum Ellen Angelina mencicipi gelar juara pada tahun 2001. Sayang, sesudah itu belum nampak Susy baru yang menari di Istora Senayan sebagai juara. (AR)