Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Cikal Bakal Piala Thomas dan Uber
15 September 2020
Cikal Bakal Piala Thomas dan Uber
 
 

Tahukah anda cikal bakal kejuaraan beregu bertajuk Piala Thomas dan Uber dipertandingkan. Sebenarnya kejuaraan bergengsi beregu dunia itu diambil dari nama legenda pebulutangkis dunia asal Inggris.

Berawal dari seorang atlet serba bisa bernama Sir George Alan Thomas. Pebulutangkis kelahiran Istanbul Turki tahun 1881 itu pernah mengikuti kejuaraan Tenis Wimbledon dan dua kali menjadi juara Catur Inggris. Namun kesuksesan terbesarnya datang dari bulutangkis.

Faktanya Thomas berhasil mencetak rekor tak terkalahkan sebanyak 21 gelar juara di kejuaraan All England. Dan menariknya lagi, gelar pertama All England didapatnya kala Thomas berusia 38 tahun. Selama 30 tahun karirnya menjadi pebulutangkis, Thomas sudah mengemas 78 gelar juara nasional.

Thomas juga dikenal sebagai pendiri Federasi Bulutangkis Internasional atau yang sekarang bernama BWF. Bahkan Thomas dipercaya sebagai pemimpin Federasi Bulutangkis Dunia selama 21 tahun dari tahun 1934 hingga 1955.

Ternyata tercetusnya Piala Thomas itu karena terinspirasi dari kejuaraan tenis bertajuk Piala Davis dan Piala Dunia sepak bola. Piala Thomas pertama kali dimainkan pada tahun 1949 di Preston Inggris. Thomas sendiri menghadiahkan trofi yang memiliki tinggi 28 inci dan lebarnya 16 inci serts terdiri dari tiga bagian yaitu alas, mangkuk dan tutup dengan sosok pemain bulutangkis.

Malaysia menjadi negara pertama yang berhasil meraih gelar trofi Piala Thomas. Dan sejak kejuaraan Piala Thomas itu bergulir Indonesia telah mengoleksi 13 gelar juara. Diikuti oleh negara Tiongkok dengan 10 gelar juara dan Malaysia lima gelar juara. Sisanya negara Jepang dan Denmark dengan raihan satu gelar juara.

Sedangkan pebulutangkis kelahiran 1906 Betty Uber mencetus ide penyelenggaraan kompetisi putri yang mirip dengan Piala Thomas. Idenya itu jadi kenyataan, pada tahun 1957 untuk pertama kalinya Piala Uber dipertandingkan di Lytham St.Annes Lancashire Inggris.

Amerika Serikat menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Uber. Dan tenyata Piala Uber itu di buat oleh Mappin & Webb, pengrajin perak termuka di Regent Street London. Tinggi Piala 20 inci dengan bola dunia yang berputar di atas alas dan seorang pemain wanita berdiri diatas shuttelcock.

Sejak Piala Uber bergulir, negara Tiongkok masih menjadi yang terbanyak dalam mengoleksi trofi sebanyak 14 kali jadi juara. Lalu disusul oleh negara Jepang enam kali juara, Indonesia tiga kali juara bersama dengan Amerika Serikat dan Korea satu kali juara.(ds)