Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > [Ketum PBSI dari Masa ke Masa] Gita Wirjawan (2012-2016)
31 Oktober 2020
[Ketum PBSI dari Masa ke Masa] Gita Wirjawan (2012-2016)
 
 

Pada 4 Desember 2012 lalu, Gita Irawan Wirjawan atau biasa dikenal dengan nama Gita Wirjawan terpilih sebagai Ketua Umum PBSI periode 2012-2016. Beliau adalah seorang penggusaha, negarawan, bankir investasi, dan pegiat sosial.

Kala itu, beliau juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada kabinet Indonesia Bersatu II era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Selain itu, beliau juga pendiri Ancora Group dan Ancora Foundation.

Menjadi Ketua Umum PBSI, Gita Wirjawan memiliki misi untuk mengembalikan kejayaan Indonesia dalam kancah bulutangkis dunia, sebagaimana pernah terjadi kala di tahun 1970an dan 1980an.

Agar mimpi itu terwujud, beliau pun mengundang para legenda bulutangkis seperti Susi Susanti, Rexy Mainaky, Rudy Hartono, dan Tan Yoe Hok untuk terlibat aktif di PBSI.

Kehadiran para legenda itu bertujuan untuk memastikan bahwa atlet-atlet bulutangkis ini tetap mendapatkan pendidikan formal selama berlatih. Gita Wirjawan bahkan menyediakan sarana belajar untuk atlet di pusat latihan kala itu.

Selama kepemimpinannya, Indonesia berhasil mencetak beberapa gelar juara di turnamen bergengsi dunia seperti dua medali emas di kejuaraan Dunia Guangzhou Tiongkok tahun 2013, dua gelar juara di turnamen tertua dunia All England di tahun 2013 dan 2014. Kemudian juara umum di Southeast Asian Games tahun 2013 dan tahun 2015.

Tak sampai di situ, cabang bulutangkis juga berhasil mempersembahkan dua medali emas pada Asian Games 2014 di Incheon Korea. Puncaknya, cabang bulutangkis juga mempertahankan tradisi raih medali emas pada ajang paling bergengsi dunia Olimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro Brazil. (ds)