Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Peringkat Dunia
24 Februari 2021
Peringkat Dunia
 
 

Yang paling ditunggu baik oleh pemain maupun pecinta bulutuangkis adalah peringkat dunia. Menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap pemain jika peringkatnya mengalami peningkatan apalagi jika bertengger di peringkat pertama. Daftar peringkat dunia meliputi sektor tunggal putra, ganda putra, tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran. Tidak hanya itu, peringkat tim dunia juga akan di perbaharui. Peringkat dunia dapat juga menjadi indikator atas prestasi dari pemain selama dalam kurun waktu tertentu.

Daftar peringkat dunia resmi di rilis oleh badan bulutangkis dunia atau BWF. Ada lima jenis peringkat yang biasa dikeluarkan oleh BWF masing-masing :

1. World Rangking (peringkat dunia)

Peringkat ini didapat dari hasil yang dicapai oleh setiap pemain dari turnamen yang diikutinya. Semakin tinggi hasil yang dicapai, semakin besar poin yang didapat.

2. Road to World Tour Final

Peringkat ini hanya gunakan untuk memastikan siapa saja pemain-pemain yang lolos ke kejuaraan World Tour Final yang biasanya diselenggarakan di akhir tahun. Dapat dikatakan turnamen ini merupakan kejuaraan pamungkas di setiap tahunnya. Hanya 8 peserta (tunggal dan ganda) saja yang memiliki peringkat tertinggi yang bisa menjadi peserta. Itupun setiap negara dibatasi hanya dua saja disetiap nomor.

3. World Junior Rangking

Peringkat ini khusus untuk para pemain junior, termasuk hasil dari kejuaraan dunia junior.

4. World Team Rangkings

Peringkat ini dikeluarkan setiap tiga bulan sekali berdasarkan peringkat dunia individu dari masing-masing pemain dari setiap negaranya.

5. Peringkat Olimpiade

Peringkat ini dirilis untuk menentukan pemain yang bisa mengikuti ajang multi event Olimpiade.

 

Faktor utama dalam sistem rangking adalah :

-       Poin dari setiap kejuaraaan yang diikuti pemain akan diakumulasi

-       Peringkat pemain akan dihitung jika pemain telah bertanding di satu atau lebih turnamen dalam 52 minggu terakhir.

-       Peringkat tersebut mencakup sampai 10 turnamen dengan poin tertinggi yang diperoleh selama 52 minggu terakhir.

-       Pemain mendapatkan poin peringkat dengan cara mengikuti pertandingan dan memenangkan pertandingan di sebuah kejuaraan

-       Semakin tinggi level kejuaraan, semakin tinggi pula poin yang akan diperoleh

-       Semakin jauh pemain mendapatkan hasil dalam seebuah kejuaraan, semakin banyak pula poin yang didapat

-       Para pemain yang diunggulkan dalam sebuah kejuaraan  akan ditentukan dari peringkat dunia atau peringkat dunia junior

-       Sistem kualifikasi Olimpiade dan Kejuaraan Dunia dibuat berdasarkan pada Peringkat Dunia.

-       Peringkat dunia dipublikasikan di situs resmi BWF setiap minggu pada hari Selasa, kecuali Peringkat Tim Dunia yang diterbitkan setiap tiga bulan sekali.