Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Indonesia Jadi Negara Terbanyak Penyelenggara Final Piala Thomas
17 September 2020
Indonesia Jadi Negara Terbanyak Penyelenggara Final Piala Thomas
 
 

Berbicara tentang kejuaraan bergensi beregu Piala Thomas. Sejak kompetisi Piala Thomas bergulir dari tahun 1949 hingga tahun 2020 ini, Indonesia menjadi negara dengan perolehan gelar trofi terbanyak yaitu 13 gelar juara dan ikuti oleh negara Tiongkok dengan mengemas 10 trofi juara.

Selain negara terbanyak peraih trofi Piala Thomas, Indonesia juga menjadi negara terbanyak dalam penyelenggaraan final Piala Thomas. Jika melihat catatan, Indonesia sudah delapan kali menjadi tuan rumah Piala Thomas.

Diawal pada tahun 1961, Indonesia bukan hanya dipercaya penyelenggaraan final tetapi tim Indonesia juga sukses meraih trofi keduanya. Pada final Piala Thomas 1961 itu Indonesia mengalahkan tim Thailand dengan angka 10-3.

Setelah berselang enam tahun tepatnya di tahun 1967, Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah yang ke dua kalinya. Kala itu, tim Indonesia belum bisa mempertahankan trofi juara dan harus puas hanya menjadi runner up, usai di laga final dikalahkan oleh tim Malayasia dengan angka 3-6.

Kemudian di tahun 1973, Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk ke tiga kalinya. Dan tim Indonesia berhasil mempertahankan trofi dan sekaligus menjadi trofi yang ke lima. Adapun pada laga final tim Indonesia menundukan tim Denmark dengan angka 8-1.

Enam tahun kemudian di tahun 1979, Indonesia dipercaya kembali menjadi tuan rumah dan tim Indonesia juga kelaur sebagai pemenangan usai mengalahkan tim Denmark dengan angka kemenangan tanpa balas 9-0. Bagi tim Indonesia trofi juara Piala Thomas itu menjadi yang ke tujuh kalinya.

Pada tahun 1986, untuk ke lima kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Thomas. Meski kala itu tim Indonesia masuk babak final, tetapi mereka harus lapang dada dengan hanya menjadi runner up setelah dikalahkan oleh tim Tiongkok dengan angka tipis 2-3.

Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah Piala Thomas pada tahun 1994. Tim Indonesia pun sukses merebut gelar trofi yang ke sembilan kalinya. Untuk menjadi juara, tim Indonesia berhasil menundukan tim Malaysia dengan angka 3-0.

Lalu pada tahun 2004 dan tahun 2008, Indonesia menjadi tuan rumah final Piala Thomas. Walau menjadi tuan rumah saat itu, tim Indonesia belum bisa meraih trofi. Bahkan tim Indonesia harus puas hanya sebagai semifinalis.(ds)