Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Rexy/Ricky Merasakan Tiga Gelar Beruntun Piala Thomas
22 September 2020
Rexy/Ricky Merasakan Tiga Gelar Beruntun Piala Thomas
 
 

Pastinya para pencinta bulutangkis sudah familiar dengan legenda bulutangkis ganda putra peraih emas Olimpiade 1996 ini. Ya, mereka adalah pasangan Rexy Mainaky dan Ricky Subagja. Ciri khas permainan mereka yang cepat, aktraktif dengan pukulan smash yang eksplosif menjadikan Rexy dan Ricky sebagai ganda putra terbaik di era 90an.

Sejak dipasangkan, Rexy dan Ricky berhasil memenangkan lebih dari 30 gelar juara Internasional. Bahkan, Rexy dan Ricky juga merasakan euforia kemenangan kala Indonesia merebut tiga gelar beruntun Piala Thomas. Memang saat itu mereka memiliki peranan sangat penting dalam memperoleh poin untuk tim merah putih.

Bermulai pada tahun 1994, adapun menjadi trofi pertama bagi Rexy dan Ricky di Piala Thomas. Kala itu, Rexy dan Ricky mempersembahkan poin untuk Indonesia, setelah mengalahkan pasangan Cheah Soon Kit/Soo Beng Kiang. Dan Indonesia menang 3-0 atas Malaysia.

Pada tahun 1996, Rexy dan Ricky yang bermain di ganda pertama sukses menundukan pasangan Jon Holst Christensen/Jim Laugesen. Saat itu Indonesia menang tanpa balas, 5-0 atas Denmark. Selain menjadi trofi ke dua di Piala Thomas, kemenangan itu menjadi gelar kesepuluh sejak Rexy dan Ricky dipasangkan.

Indonesia kembali dapat mempertahankan gelar juara Piala Thomas di tahun 1998. Dan kemenangan Rexy dan Ricky atas pasangan Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock menjadi andil tim Indonesia menang tipis 3-2 atas Malaysia.

Kemudian Indonesia mampu mempertahankan trofi di tahun 2000, kala itu Rexy yang berpasangan dengan Tony Gunawan sukses membantu tim merah putih mengalahkan Tiongkokng dengan skor 3-0. Kemenangan itu sekaligus menjadi penampilan terkahir Rexy bersama timnas di Piala Thomas.(ds)