Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Ini Kunci PB Djarum Terus Mencetak Atlet Berprestasi
08 September 2020
Ini Kunci PB Djarum Terus Mencetak Atlet Berprestasi
 
 

Tak bisa dipungkiri, hingga detik ini PB Djarum merupakan Klub Bulutangkis Indonesia terbesar yang mampu berkontribusi dengan mencetak atlet-atlet bulutangkis. Meski begitu, tak banyak yang tahu kunci keberhasilan PB Djarum yang sudah berdiri selama 51 tahun ini.

Ternyata, setelah mendapatkan atlet-atlet belia melalui proses seleksi Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis, PB Djarum melakukan pembinaan secara komprehensif, termasuk penerapan sports science. Hal tersebut disampaikan Manager Team PB Djarum, Fung Permadi, di acara bincang media secara virtual, pada Senin (7/9).

Dikatakan Fung, sports science di PB Djarum mencakup fisioterapi, pelatihan fisik, dan kecukupan nutrisi. Namun, keberhasilan sports science yang diterapkan klub juga bertumpu dari tekad besar seorang atlet untuk menjadi kampiun di masa mendatang.

Memang sports science ini terus berkembang. Banyak juga bermunculan alat-alat untuk pelatihan fisik atau metode peningkatan kemampuan fisik yang bisa diakses melalui media sosial atau situs berbagi video. Tapi bagi kami, sports science harus sesuai dengan kebutuhan setiap atlet PB Djarum,” jelas Fung.

Baca juga : Peran Klub dalam Pembinaan Atlet Bulutangkis

Menanggapi pembinaan atlet di PB Djarum, legenda bulutangkis Indonesia Christian Hadinata berharap atlet-atlet masa kini bisa mendulang prestasi yang lebih tinggi lagi daripada atlet-atlet di masa lampau. Pasalnya, akses terhadap fasilitas maupun informasi sangat mudah dijangkau oleh para calon juara dunia ini. Christian punya pesan dengan kalimat sederhana yang belum tentu sesederhana dipraktikkan.

Jangan meminta atau menuntut apa yang diberikan organisasi atau klub. Tapi harus sebaliknya, apa yang bisa kita berikan sebagai atlet kepada organisasi atau klub. Lebih tinggi lagi, kepada negara dan bangsa. Kalau itu sudah dicapai, saya yakin yang lainnya akan menyusul,” jelas Christian.

Baca juga : [Mola TV PBSI Thomas & Uber Simulation 2020] Pertemuan Perdana Ruselli Melawan Putri KW