Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Aturan Denda BWF
20 Juli 2020
Aturan Denda BWF
 
 

Badan bulu tangkis dunia atau BWF memiliki aturan yang mengikat kepada setiap pemain dunia. Mau tidak mau para pebulutangkis dunia harus tunduk patuh dan taat kepada aturan tersebut. BWF akan mengenakan denda kepada pemain manapun yang melanggar peraturan. Ada sangsi berupa pengenaan denda dalam bentuk nilai uang dolar Amerika. Besar sangsi tergantung dari jenis pelanggaran yang dilanggar oleh pemain.

Terdapat denda cukup besar dalam aturan BWF senilai US$ 2.000,-. Denda ini dikenakan atas pelanggaran kode etik pemain dalam hal pemenuhan media, sponsor, upacara yang memang menjadi suatu kewajiban bagi pemain. Nilai tersebut dikenakan untuk kali kedua dan seterusnya serta berlaku bagi pemain tunggal putra, putri yang berada pada rangking 1 – 15 dunia dan peringkat 1-10 bagi ganda putra, putri serta campuran. Untuk pelanggaran kali pertama, pemain yang pada rangking tersebut dengan kategori pelanggaran yang sama akan dikenakan denda sebesar US$ 1.500,-

Bagi pemain yang ada diluar peringkat tersebut bukan tidak terbebas dari denda. Mereka pun harus siap-siap menerima denda jika melakukan pelangggaran yang sama, hanya saja dalam nilai yang berbeda. Untuk kali pertama bagi pemain yang berada pada peringkat dunia 16-50 tunggal putra putri serta peringkat dunia 1- 50 ganda putra, putri dan campuran dikenakan sebesar US$ 500,-. Jika melakukan pelanggaran yang sama dan seterusnya akan dikenakan denda sebesar USD 750.

Pengenaan denda juga berlaku bagi pemain di luar peringkat 50 dunia untuk semua nomor . Denda US$ 250 sudah menunggu jika melakukan pelanggaran untuk pertama kalinya dengan kesalahan yang sama. Jika mengulangi lagi, akan dikenakan denda untuk setiap kali pelanggaran sebesar US$ 500,- per setiap pelanggaran. (AR)