Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Christian Bawa Indonesia Raih Trofi Piala Thomas Empat Kali
19 September 2020
Christian Bawa Indonesia Raih Trofi Piala Thomas Empat Kali
 
 

Nama Christian Hadinata memang tak asing lagi di telinga para pencinta bulutangkis. Dedikasinya terhadap bulutangkis hingga saat ini telah menjadikan Christian yang kelahiran, 11 Desember 1949 ini sebagai salah satu legenda hidup bulutangkis Indonesia.

Pada era tahun 70an, Christian terkenal sebagai pemain ganda yang sering mengharumkan nama Indonesia di kanca Internasional. Bicara soal prestasi, pastinya sudah tak diragukan lagi. Christian bukan hanya merasakan juara Dunia dan juara All England.

Tetapi Christian juga memiliki andil kala Indonesia meraih trofi di kejuaraan bergengsi beregu dunia yaitu Piala Thomas. Sejak berpartisipasi di Piala Thomas dari tahun 1972 hingga tahun 1986, Christian pernah merasakan empat kali juara dari enam kali keikutsertaannya.

Adapun Piala Thomas di tahun 1973 menjadi trofi pertama yang dipersembahkan oleh Christian. Bahkan, di tahun 1976 dan tahun 1979, Christian juga kembali ikut andil saat Indonesia mampu mempertahankan trofi selama tiga kali beruntun.

Di tahun 1982, meski Christian mempersembahkan poin tetapi tim Indonesia gagal mempertahankan trofi juara dan trofi pun jatuh ketanggan Tiongkok. Kemudian berselang dua tahun pada tahun 1984, Christian dan rekan-rekan mampu merebut trofi Piala Thomas kembali.

Selama menjadi pemain bulutangkis, Christian merasa sangat kecewa kala pertandingan final pada kejuaraan Piala Thomas 1986 yang berlangsung di Jakarta Indonesia. Pasalnya tim Indonesia harus rela melepas trofi juara ketanggan Tiongkok. Padahal saat itu Indonesia sudah memimpin poin.(ds)