Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Penghargaan BWF
05 Juli 2020
Penghargaan BWF
 
 

Badan bulutangkis dunia (BWF) memiliki sejumlah perhargaan dan khusus diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi di bidang bulutangkis. Prestasi ini tidak hanya diberikan kepada atlet bulutangkis saja, tetapi juga kepada institusi/organisasi ataupun penyelenggaraan sebuah kejuaraan. Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon pernah menjadi pemain (pasangan) yang mendapat penghargaan sebagai pemain bulu tangkis terbaik pada tahun 2018. Sementara stlet para badminton Indonesia, Leani Ratri Oktila mendapat predikat sebagai atlet para badminton terbaik 2019.

BWF memiliki banyak kategori penghargaan, yakni Hall of fame, Herbert Scheele Trophy, Lifetime Achievement Award, Distinguished Service Award, Meritorious Service Award, Cerfiticate of Commendation, Male/Female Para – Badminton Player of The Year, Eddy Chong Most Promising Player of The Year Award, Most Improved Player Award, Women in Badminton Award,

Untuk BWF Hall of Fame di berikan kepada mantan pemain yang memiliki prestasi yang luar biasa dan kontribusi yang signifikan terhadap bulu tangkis. Dengan syarat, calon penerima penghargaan harus sudah pensiun terlebih dahulu dari dunia bulu tangkis minimal lima tahun.

Penghargaan berikutnya adalah Herbert Scheele Thropy. Penghargaan ini diberikan untuk menghormati pelayanan yang lama dan begitu luar biasa terhadap bulu tangkis. Herbert Scheele Thropy diberikan biasanya setiap setahun sekali.

BWF memiliki penghargaan lain berupa Distinguished Service Award. Penghargaran ini diberikan untuk menghormati pelayanan teladan pada tingkat internasional. Penghargaan ini memiliki kriteria pelayanan luar biasa dan menjadi contoh di kalangan olah raga tingkat internasional.

Meritorious Service Award menjadi salah satu penghargaan dari BWF lainnya. Diberikan untuk menghormati atas hasil pelayanan yang luar biasa kepada bulu tangkis dalam tingkat nasional. Calon penerima setidaknya sudah melayani mininal 15 tahun dan berakhir pada usia 30 tahun.

Certification of Commendation menjadi penghargaan yang diberikan kepada instansi atau organisasi komersial organisasi lain di luar bulutangkis yang telah membantu BWF, Konfederasi kontinental, atau anggota asosiasi dengan masa join minimal 3 tahun.

Yang paling di tunggu-tunggu adalah penghargaan untuk atlet pria-wanita /pasangan (juga Para Badminton) terbaik. BWF menyiapkan enam penghargaan yang diberikan setiap tahunnya untuk kategori pemain pria, wanita terbaik lalu pasangan terbaik . Para atlet para badminton juga mendapat penghargaan yang sama, dengan kategori yang sama.

Untuk para pemain yang berbakat, BWF telah menyiapkan penghargaan tersendiri dengan nama Eddy Chong Most Promising of The Year Award. Penghargaan ini diberikan kepada pemain yang dianggap memiliki talenta bulu tangkis yang baik, konsisten.

Satu lagi penghargaan untuk atlet yang memiliki bakat luar biasa adalah Most Improved Player Award. Pemain yang mendapat penghargaan ini dianggap oleh BWF menjadi pemain yang paling menjanjikan dengan bakat bulu tangkis yang luar biasa.

Women In Badminton Award  merupakan bentuk penghargaan khusus kepada mereka yang memang memfokuskan dirinya untuk perempuan atau anak perempuan dalam koridor bulutangkis. Penghargaan ini bisa diberikan kepada pria, wanita atau organisasi.

Diluar dari yang disebutkan diatas, ada satu penghargaan yang diberikan secara khusus oleh Presiden BWF  dengan nama President’s Medal. Penghargaan ini secara khusus dibuat secara ekslusif oleh Presiden BWF kepada individu atau organisasi yang dianggap memberikan kontribusi besar terhadap bulu tangkis.  (AR)