Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Andre, Yoke Jajal Tanah Belanda
12 Oktober 2011
Andre, Yoke Jajal Tanah Belanda
 
 

Mulai hari ini (12/10), atlet tunggal putra PB Djarum Andre Kurniawan Tedjono akan menjajal lapangan Almere, Belanda pada kejuaraan Dutch Open Grand Prix 2011 yang berlangsung 11-16 Oktober 2011. Selain Andre, PB Djarum juga menerbangkan Yonathan Suryatama Dasuki yang berlaga di partai ganda bersama Dharma Gunawi yang berbendera Jerman.

Andre KurniawanAndre seharusnya mampu melaju setidaknya sampai ke babak 16 besar. Di babak pertama, ia menghadapi perwakilan tuan rumah, Jerry Natenstedt. Di babak kedua, lawannya adalah antara Dmytro Zavadsky (Ukraina) yang lebih diunggulkan daripada Carl Baxter (Inggris). Melewati aral kedua, di babak 16 besar, Andre diprediksikan akan bertemu antara sesama merah-putih, Yoga Pratama, atau semifinalis Czech International 2011 asal India, Arvind Bhat.
Lawan berat Andre di partai ini kebanyakan datang dari benua Asia, terutama dari Taipei. Taipei mengirimkan skuad terbaiknya, termasuk Hsueh Hsuan Yi (unggulan ketujuh) dan Hsu Jen Hao (unggulan keempat). India pun tak mau kalah dengan mengirim delapan wakil, termasuk atlet-atlet senior seperti Ajay Jayaram (unggulan kedua), Anup Sridhar, Chetan Anand, dan Arvind Bhat.

Selain tim dari dua negara Asia tersebut, tentu saja, Andre tetap harus mewaspadai Wacha Przemyslaw (Polandia) yang mengalahkannya di Belgian International bulan lalu.

Yonathan Suryatama DasukiYonathan Suryatama Dasuki yang biasa dipanggil Yoke juga sudah lama tak terlihat di turnamen internasional. Bersama Dharma Gunawi, kali ini Yoke akan berusaha melangkah jauh di turnamen luar negeri keduanya tahun ini. Di babak 16 besar, ia telah dipastikan bertemu dengan Raul Must/Maurice Niesner (Estonia/Jerman) yang mendapat bye di babak pertama. Yoke/Dharma sendiri mendapat walkover karena mundurnya pasangan Denmark, morten Skroeder Boedskov/Jacob Staael.

Lawan berat di ganda putra di antaranya adalah unggulan pertama Ingo Kindervater/Johannes Schoettler (Jerman), Danny Bawa Chrisnanta/Chayut Triyachart (Singapura), Huang Po Yi/Lu Chia Bin (Taipei), Adam Cwalina/Michal Logosz (Polandia), Songphon Anugritayawon/Sudket Prapakamol (Thailand), dan pasangan Rusia unggulan kedua Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov yang belum lama ini menjuarai Guatemala International 2011.

Dutch Open tahun ini diadakan di kota Almere, kota termuda Belanda dengan populasi sebesar 190 ribu jiwa (bandingkan dengan Jakarta yang dihuni sekitar 10 juta jiwa). Total hadiah yang disediakan adalah US$50 ribu atau sekitar Rp 445 juta. (DC)