Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Alfian/Gloria Tundukkan Unggulan
29 Maret 2012
Alfian/Gloria Tundukkan Unggulan
 
 

Pasangan ganda campuran Pelatnas, Alfian Eko Prasetya/Gloria Emmanuelle Widjaya bermain memukau dengan kembali mengalahkan pasangan yang lebih diunggulkan, kemarin (28/3), di turnamen internasional kelas dewasa, Vietnam International Challenge 2012. Indonesia nampak solid untuk merebut gelar di partai ini.

Alfian/Gloria berhasil menang tipis atas pasangan unggulan kedelapan asal Malaysia, Mohammad Razif Abdul Latif/Amelia Alicia Anscelly dengan skor 21-15, 17-21, dan 21-14.

"Lumayan susah juga melawan mereka (Razif/Amelia - red)," tukas Gloria usai bertanding kemarin. "Tapi kami modal yakin dan percaya diri saja. Pelatih juga tidak banyak ngomong."

Ini bukan pertama kalinya mereka mengalahkan lawan yang lebih diunggulkan. Di Kejuaraan Dunia Yunior tahun lalu, mereka juga mengalahkan empat lawan beremblem unggulan hingga naik ke podium juara. Padahal saat itu Gloria baru mulai latihan berpasangan dengan Alfian beberapa minggu sebelum berangkat ke Kejuaraan Dunia tersebut.

Tidak hanya Alfian/Gloria yang menang di tantangan pertamanya. Semua wakil Indonesia di partai ini berhasil melaju ke babak selanjutnya. Unggulan keenam, Andhika Anhar/Keshya Nurvita Hanadia berhasil menang atas pasangan yang lebih senior, Liu Yi/Thng Ting Ting (Singapura) dengan skor 22-20, 21-17, sedangkan Nova Widianto/Devi Tika Permatasari juga berhasil menumbangkan pasangan unggulan lainnya, yakni, Akshay Dewalkar/Pradnya Gadre (India, unggulan keempat).

Unggulan kelima, Hafiz Faisal/Pia Zebadiah Bernadeth juga menang 21-19, 11-21,dan 21-14 atas Pisit Poodchalat/Narissapat Lam (Thailand), dan Mochamad Rizky Delynugraha/Annisa Saufika berhasil menang atas wakil Taipei, Wu Hsiao Lin/Sun Shuo Yun dengan skor 21-13 dan 21-17. Tak ketinggalan, unggulan ketujuh, Putra Eko Rhoma/Aris Budiharti juga menang 21-19, 23-21 atas Pham Hong Nam/Pham Nhu Thao (Vietnam).

Total enam wakil merah-putih hadir di partai ganda campuran dan berhasil melaju ke babak 16 besar. Jika semua berhasil melaju ke perempat final, maka Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk merebut gelar dari partai ini. Hanya saja, beberapa dari mereka mendapat lawan (cukup) tangguh di babak 16 besar hari ini.

Rizky/Annisa akan bertanding melawan unggulan pertama asal Singapura, Danny Bawa Chrisnanta/Vanessa Neo, sedangkan Hafiz/Pia bertemu pasangan muda Taipei yang cukup berpengalaman, Liang Ju Wei/Wu Ti Jung. Alfian/Gloria sendiri diharapkan dapat lolos ke perempat final dengan mengalahkan pemain kualifikasi asal Taipei, Huang Chu En/Huang Mei Ching hari ini.

Sejauh ini, kesolidan tim Indonesia nampak mendominasi partai ganda campuran. Diikuti dengan tim Taipei dan Malaysia. (DC)