Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > [Djarum Sirnas Premier Jateng Open 2018] Ini Aturan Baru di Djarum Sirnas 2018
12 Maret 2018
[Djarum Sirnas Premier Jateng Open 2018] Ini Aturan Baru di Djarum Sirnas 2018
 
 

Kejuaraan Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) 2018 mulai bergulir. Kota Purwokerto di Jawa Tengah ini dipercaya sebagai kota pembuka kejuaraan yang akan berlangsung Senin (12/3) hingga Sabtu (17/3) mendatang. Kali ini total hadiah 370 juta rupiah, dan Purwokerto menjadi seri pertama dari delapan seri yang akan digelar di sepanjang tahun ini. Namun, ada perubahan peraturan baru yang akan diterapkan pada kejuaraan Djarum Sirnas kali ini.

Di aturan baru ini, para pemain tunggal diperbolehkan bermain rangkap dengan catatan naik tingkat. Misalnya, tunggal remaja putri diperbolehkan merangkap bermain di nomor tunggal taruna putri sedangkan di nomor tunggal putra maupun putri juga diperbolehkan merangkap di tunggal dewasa putra maupun putri.

Untuk tahun ini sendiri ada tambahan peraturan. Datang dari nomor tertentu yang dibolehkan bermain rangkap tapi dengan catatan harus naik tingkat. Khususnya di sektor tunggal putri  karena bercaka dari tahun-tahun sebelumnya sektor tersebut lebih sedikit pesertanya dibanding sektor lainnya." kata Achmad Budiharto selaku Sekretaris Jenderal PP PBSI.

Baca juga: [Djarum Sirnas Premier Jateng Open 2018] Djarum Sirnas Purwokerto Memasuki Hari Pertama

"Jadi kami memutuskan untuk menerapkan aturan baru bagi peserta untuk bisa bermain rangkap di  kategori usia yang berbeda. Tujuannya selain untuk menambah persaingan, juga bisa dijadikan sebagai ajang ukur kemampuan para atlet sejauh mana bisa bersaing dengan senior-seniornya,” Jelasnya Budiharto..

Kata Budiharto, aturan tersebut hanya berlaku bagi pemain tunggal remaja dan taruna putri, serta tunggal taruna putra. Peraturan ini tidak berlaku untuk pemain ganda.

Karena untuk ganda putra dan putri  saya rasa sudah cukup banyak pesertanya dari masing-masing kategori usia,” jelasnya.

Budiharto pun memperkirakan jika di sepanjang kejuaraan Djarum Sirnas kali ini kualitas pertandingan akan semakin meningkat.

“Saya rasa tahun ini kualitas pertandingan akan semakin meningkat. Tentunya dengan beberapa aturan baru tersebut pun akan menambah pengalaman dan jam terbang bagi para atlet,” tutup Budiharto. (ds)

Baca juga: [German Open 2018] Fajar/Rian Runner Up