Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kilas Balik Piala Sudirman 2003] Kembali Terhenti di Semifinal
20 September 2021
[Kilas Balik Piala Sudirman 2003] Kembali Terhenti di Semifinal
 
 

Piala Sudirman 2003 yang berlangsung di Belanda, menyisakan kenangan yang kurang mengenakan bagi sejarah bulutangkis Indonesia. Pasalnya, untuk ketiga kalinya tim merah putih harus terhenti di babak semifinal.

Tergabung dalam Grup 1B bersama Denmark dan Inggris, Indonesia gagal menjadi yang terbaik di fase penyisihan grup. Menang atas Inggris 4-1 dan sebaliknya kalah atas Denmark 1-4, membuat Indonesia saat itu harus puas menjadi runner up grup.

Dengan hasil itu, maka Indonesia mau tidak mau harus berjumpa dengan tim tangguh Tiongkok yang merupakan juara Grup 1A. Datang ke Belanda dengan misi mengubah torehan runner-up menjadi trofi Piala Sudirman, Taufik Hidayat dkk justru terpeleset pada semifinal. Lagi-lagi, Tiongkok menggagalkan misi Indonesia untuk meraih gelar juara.

Baca juga : [Kilas Balik Piala Sudirman 1999] Indonesia Semifinalis

Indonesia kalah atas Tiongkok dengan skor yang sama seperti di final Piala Sudirman dua tahun sebelumnya, yaitu 1-3. Sementara di semifinal lainnya yang mempertemukan Korea VS Denmark dimenangkan oleh Korea juga dengan skor 3-2.

Laga final pun mempertemukan Tiongkok VS Korea. Setelah puasa gelar sejak tahun 1995, akhirnya Korea pun kembali meraih Piala Sudirman usai menundukkan Tiongkok di final dengan skor 3-1.

Baca juga : [Kilas Balik Piala Sudirman 2001] Terhenti Sebagai Runner Up, Indonesia Perbaiki Pencapaian