Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia International Challenge 2012] Indonesia Rebut Satu Gelar
19 November 2012
[Malaysia International Challenge 2012] Indonesia Rebut Satu Gelar
 
 

Dari tiga nomor partai final yang di ikuti, akhirnya Indonesia membawa pulang satu gelar juara pada kejuaraan Malaysia International Challenge 2012 kemarin (18/11). Wisnu Yuli Prasetyo yang datang hanya sebagai unggulan kesembilan di luar dugaan mampu merebut gelar juara dari tangan pemain tuan rumah Muhammad Hafiz Hashim.

Muhammad Hafiz Hashim yang lebih di unggulkan dan bahkan menempati unggulan pertama tunggal putra takluk oleh Wisnu. Wisnu secara tidak terduga mampu merebut gelar juara. Di game pertama, Wisnu kalah telak 3-21.

Keadaan tak jauh berbeda dengan game pertama. Di game kedua Wisnu selalu dalam posisi tertekan dan tertinggal dalam pengumpulan angka. Iapun sempat tertinggal jauh dengan 3-12. Rupanya, semangat untuk menang muncul dalam diri Wisnu. Lambat laun ia pun mulai bisa membaca pola permainan lawan dan angka pun bergerak naik bagi Wisnu. Akhirnya di penghujung game kedua Wisnu mampu menyamakan kedudukan pada angka 17-17.Setelah terjadi dua angka sama hingga 19-19, Wisnu pun bisa menutup game ketiga dengan 21-19.

Di game ketiga, Wisnu seperti sudah menang angin. Wisnu yang terlihat masih segar segera membuka pertahanan lawan. Ia pun melesat di penghujung game penentuan sebelum akhirnya menang 21-18.

Dua wakil Indonesia lainnya harus mengubur impian mereka setelah di kalahkan oleh lawan-lawannya. Lukhi Apri Nugroho yang berpasangan dengan Annisa Saufika gagal menghadang andalan tuan tumah Malaysia Juan Guo Ong/Kei Wei Woon dan kalah dengan 11-21, 14-21.

Di ganda putri, Ririn Amelia yang baru berpasangan dengan Melvira Oklamona juga gagal mempersembahkan gelar juara. Pasangan meluncur ke babak final tanpa emblem unggulan ini harus menyerah di tangan unggulan pertama dari tuan rumah Chow Mei Kuan/Lee Meng Yean. Meski kalah, ganda muda Indonesia ini patut mendapat apresiasi. Setelah kalah di game pertama dengan 13-21, Ganda Indonesia sempat membuat susah ganda Malaysia terutama di game kedua. Ririn/Melvira mampu menciptakan deuce di penghujung game kedua sebelum akhirnya kalah dengan 21-23.

Malaysia akhirnya berhasil merebut dua gelar lainnya. Nomor ganda putra menjadi milik ganda dari Malaysia setelah terjadi All Malaysian Final. Pasangan Goh  V Shem/Teo Ee Yo membuktikan dirinya di depan publiknya sendiri. Dalam partai puncak, ia harus tega mengakhiri permainan lawan. Mereka menang dari Low Juan Shen/Yip Jiun Tan dengan 21-15, 21-12.

Di tunggal putri, gelar juara akhrinya di boyong ke negeri Malaysia. Lidia Cheah Li Ya menjadi yang terbaik. Wakil Singapura Xiaoyu Liang yang menjadi lawannya di kalahkan dengan kedudukan akhir 21-17, 21-12. (AR)

Hasil Pertandingan

Tunggal putra : Wisnu Yuli Prasetyo (IDN) - Muhammad Hafiz Hashim (MAS) : 3-21, 21-19, 21-18

Tunggal putri : Li Ya Lidia Cheah (MAS) - Xiaoyu Liang (SIN) : 21-17, 21-12

Ganda Putra : V Shem Goh/Ee Yo Teo (MAS) - Low Juan Shen/Yip Jiun Tan (MAS) :  21-15, 21-12

Ganda putri : Mei Kuan Chow/Meng Yean Lee  (MAS) -  Ririn Amelia/Melvira Oklamona (IDN) : 21-13, 23-21

Ganda Campuran : Jian Guo Ong/Khe Wei Woon (MAS) - Lukhi Apri Nugroho/Annisa Saufika (IDN) 21-11, 21-14.